Awal Mula Rubik’s Cube Diciptakan

Adalah Erno Rubik, Seorang Professor Pencipta Permainan Kubus ini pada Tahun 1974 di Budapest, Hungaria. Beliau lahir pada tanggal 13 July 1944 di kota Budapest, Hungaria. Awalnya permainan ini di beri nama Magic Cube atau dalam Bahasa Indonesia bisa di sebut Kubus Ajaib.

Professor Erno Rubik mengajar di desain interior dan arsitektur (Department of Interior Design at the Academy of Applied Arts and Crafts) di Budapest ketika ia menciptakan sesuatu yang sekarang dikenal sebagai Rubik’s Cube, mainan teka-teki tiga-Dimensi yang menjadi Populer di seluruh dunia pada awal tahun 1980.

Professor Erno Rubik belajar arsitektur dan desain di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di akhir tahun 1960-an. Ia mengambil pekerjaan sebagai instruktur, dan di luar jam kerjanya ia berkerja membangun model desain kubus tiga-dimensi.

Pada saat mengajar, Professor Erno Rubik lebih menyukai menggunakan model real yang terbuat dari kertas, kertas karton, kayu atau plastik untuk mengkomunikasikan/menjelaskan idenya kepada mahasiswa, agar penjelasannya dapat lebih dimengerti dengan baik dan dapat mudah diingat oleh mahasiswanya.

Gambar Di samping adalah Prototype pertama Magic Cube karya Professor Erno Rubik, Protoype ini selesai tahun 1974, dan ia mengajukan permohonan hak paten  pada desainnya pada awal 1975. Teka-tekinya  adalah berupa kubus yang  terdiri dari Potongan kubus yang saling berkaitan (3x3x3) yang dapat di acak secara  horizontal dan vertikal. Itu adalah bentuk “murni”,kubus yang  terdiri dari sembilan kotak yang berwarna kuning, putih, oranye, biru, merah dan hijau.

Setelah kubus di acak, untuk menyusunnya kembali merupakan sesuatu yang tidak mudah.
Menurut Sejarah, Sang Professor membutuhkan waktu 1 bulan untuk menyelesaikan teka teki yang ia buat sendiri. Sangat jauh jika di bandingkan dengan rekor dunia sekarang yang sudah mencapai Sub 4 detik.

Pada tahun 1977 Mainan Magic Cube ini pertama kali di jual masal, tetapi hanya terbatas di toko toko mainan di Budapest, Pasarnya cukup bagus waktu itu, mainan ini menjadi populer di Budapest. Seorang pekerja Hungaria yang bekerja di Wina, “menemukan” mainan ini saat sedang dinas di Budapest dan berusaha menemukan makelar mainan di Jerman. Akhirnya dia malah bertemu dengan Tom Kremer, penemu mainan yang terlahir di Hungaria yang berkantor di London.

Dua orang ini akhirnya membuat rencana pemasaran dan akhirnya mendapatkan persetujuan dari salah satu eksekutif perusahaan mainan yang langsung memesan 1 juta biji. Penjualan pertama meledak dan popularitas berada di Eropa, meskipun kurangnya kampanye pemasaran atau iklan.


Pada tahun 1980 permainan kubus rubik itu telah diperkenalkan ke Amerika Serikat dan seluruh dunia dan dijuluki “Rubik’s Cube” . Itulah awal Mula Di ciptakannya Rubik’s Cube dan akhirnya menjadi Mainan yang populer sampai sekarang. Bahkan kompetisi2 terus di adakan untuk mencari yang tercepat.


Posting Komentar

0 Komentar