Bagaimana Sih Cara Daftar Kompetisi Rubik Resmi WCA?

Milih foto random, biarin nggak ada rubiknya
Halo pembaca setia! Kali ini rubik.id bakal bagi-bagi info tentang cara daftar kompetisi resmi WCA melalui situs WCA nih. Walaupun terkadang kamu bisa daftar secara on the spot atau langsung di tempat, terkadang juga panitia kompetisi menetapkan batas jumlah kompetitor sehingga kamu tidak mungkin lagi mendaftar jika jumlah kompetitor sudah mencapai batas. Nah, agar tidak kehabisan tempat, ada baiknya kamu mendaftar pada situs WCA langsung. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Masuk ke https://www.worldcubeassociation.org/

Situs tersebut adalah situs resmi World Cube Association, jadi kamu tidak perlu khawatir. Setelah kamu masuk, langkah yang mungkin kamu ingin lakukan adalah mengganti bahasa ke Bahasa Indonesia. Caranya adalah tekan tombol yang ada tulisan English di sebelah (Desktop) atau di atas (Mobile) tombol Sign In. Lalu cari dan tekan Bahasa Indonesia.



2. Cari kompetisi yang diinginkan

Caranya adalah tekan tombol "Kompetisi", lalu tekan "Semua".


Setelah itu, kamu bisa cari wilayah yang kamu inginkan dengan menekan tombol "Wilayah", lalu pilih negaranya. Jika kamu sudah tahu nama kompetisinya, kamu bisa langsung ketik di kotak pencarian (panah biru). Setelah itu, masuk ke kompetisi yang kamu inginkan.


Setelah itu, klik "Daftar" (panah biru), lalu scroll sampai bawah hingga kamu menemukan tulisan seperti pada lingkaran merah. Klik "di sini".

3. Daftar akun WCA


Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir seperti gambar di atas. Jika sudah diisi semua, klik "Mendaftar". Setelah itu, cek email kamu untuk konfirmasi akun. Klik link yang tersedia di dalam email. Setelah itu, klik "Masuk" pada halaman kompetisi yang sebelumnya telah dijelaskan. Isi dengan email dan password yang telah kamu buat.

4. Baca syarat dan ketentuan kompetisi serta pilih cabang (event) yang ingin diikuti



Sebelum kamu mendaftar kompetisi, ada baiknya untuk membaca syarat dan ketentuan kompetisi di atas kotak detail pendaftaran. Setelah itu, pilih dan klik cabang yang ingin kamu ikuti (hitam berarti sudah terpilih, abu-abu berarti belum dipilih) dan isi komentar jika diperlukan (jika tidak ada keterangan apapun pada syarat dan ketentuan kompetisi, boleh dikosongkan). Lalu, klik "Daftar!".

Nah, itu dia langkah-langkahnya. Jika nama kamu belum muncul pada daftar kompetitor, kamu dimungkinkan harus melunasi pembayarannya terlebih dulu atau ada syarat lain yang harus dipenuhi. Jika sudah ada, maka Selamat, kamu telah terdaftar pada kompetisi pertama kamu! Hal yang kamu harus lakukan hanyalah Daftar Ulang (dan bayar) pada saat hari kompetisi digelar.

Kalau ada yang belum jelas, boleh tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar. Kalau sudah, jangan lupa like dan subscribe.

Posting Komentar

0 Komentar