Hati-Hati! Inilah 5 Pelanggaran yang Sering Dilakukan di Kompetisi Rubik WCA!

Sumber: https://www.facebook.com/nusantaracubing/photos/a.1614368535312082/1614371718645097/?type=3&permPage=1
Halo pembaca setia! Sudah pernah ikut kompetisi rubik resmi WCA belum? Kalau udah, pernah dimarahi sama Delegate atau panitia gak? Kalau pernah, maka kamu mungkin melanggar beberapa peraturan yang harusnya dipatuhi. Nah, kali ini rubik.id mau berbagi informasi tentang pelanggaran yang sering dilakukan oleh peserta kompetisi. Jika kamu melakukan banyak pelanggaran, besar kemungkinan kamu mendapatkan sanksi ringan hingga berat. Sanksi terberat adalah dilarang mengikuti kompetisi resmi WCA sampai waktu yang ditentukan. Maka dari itu, simak baik-baik ya sebelum ikut kompetisi!

1. Memakai rubik yang cacat


Yang pertama adalah memakai rubik yang cacat, atau yang punya kerusakan-kerusakan baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Contohnya adalah stiker rubik yang rusak parah (seperti di gambar), inner piece yang hilang pada rubik 4x4x4 ke atas, permukaan plastik yang tidak rata, dan center cap (tutup center piece) yang hilang. Jika stiker rubik kamu rusak pada salah satu kotak, harap diganti dengan warna dan material yang sama! Selain itu, disarankan untuk memiliki rubik cadangan yang kondisinya masih bagus untuk menghindari hal ini.

2. Lupa menandatangani scoresheet


Yang kedua adalah lupa menandatangani scoresheet setelah melakukan solve. Jika kamu telah selesai melakukan solve, jangan lupa untuk periksa waktu yang tercatat dan menandatangani waktunya (lihat lingkaran merah pada gambar). Jika kamu berperan menjadi kompetitor, tandatangani kolom "comp". Jika judge lupa untuk menyodorkan scoresheet-nya kepada kamu untuk ditandatangani, ingatkan judge kamu dan jangan takut salah.

3. Memakai 2 logo pada rubik

Selanjutnya adalah memakai dua atau lebih logo pada satu rubik. Yang awalnya ingin kelihatan keren, malah jadi melanggar regulasi WCA. Ini sering sekali terjadi, terutama oleh kompetitor baru. Sebuah rubik hanya boleh memiliki maksimal satu logo (dan tidak boleh ada logo untuk BLD) dan letak logonya juga harus diperhatikan! Sebagai contoh, untuk rubik NxNxN (kecuali 2x2x2), kamu hanya boleh menempelkan logo di salah satu center piece. Untuk lebih jelasnya, lihat Regulasi WCA pasal 3l dan Pedoman WCA pasal 3l+, 3l++, dan 3l1+.

4. Berisik pada saat cabang (eventblindfolded solving (BLD)


Seperti yang tertulis pada judul, kompetitor tidak seharusnya berisik pada saat BLD. Karena walaupun kompetitor BLD mempunyai penutup telinga agar tidak berisik, kompetitor lain ataupun penonton tidak seharusnya mengeluarkan suara yang keras. BLD membutuhkan teknik dan konsentrasi yang lebih dibandingkan speedsolving biasa.

5. Telat datang pada saat cabang yang kamu ikuti telah berlangsung


Nah ini biasanya dialami oleh kompetitor yang sudah pernah ikut kompetisi namun terlalu santai. Jika kamu akan datang terlambat pada cabang tertentu, harap konfirmasi ke panitia atau Delegate WCA agar tidak menyusahkan dan menghambat jalannya kompetisi. Jika tidak konfirmasi, ada kemungkinan kamu akan didiskualifikasi pada cabang lainnya (ya, kalau Delegate atau panitianya udah terlalu sebel sama kamu).

-----------------------------------------

Nah itu dia 5 pelanggaran yang sering dilakukan oleh para kompetitor, khususnya kompetitor baru. Jika kamu berencana untuk ikut kompetisi, silakan baca Regulasi dan Pedoman WCA secara lengkap, atau baca tutorial mengikuti kompetisi WCA di sini. Jika pada saat kompetisi kamu mengalami kesulitan, jangan takut untuk bertanya kepada panitia, Delegate, atau kompetitor lain yang sudah berpengalaman. Jangan lupa untuk pantau terus rubik.id agar tidak ketinggalan informasi-informasi penting lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar