Awas Rusak! Ini Cara Membersihkan Rubik Yang Benar

cara membersihkan rubik yang benar

Membersihkan Rubik adalah salah satu cara untuk membuat rubik kita jadi lancar dan licin kembali putarannya, tapi tahu engga kalau membersihkan rubik juga ga boleh sembarangan lho!

Membersihkan Rubik gak boleh asal asalan, Kenapa? Karena pastinya kamu gak mau kan Rubik malah jadi rusak setelah dicuci? atau setelah dicuci rubik masih kotor atau jadi lengket.

Nah berikut adalah pembahasan Cara membersihkan rubik yang benar, mari kita mulai

    1. Copot Semua Bagian Pada Rubik

mencopot semua bagian rubik

Jangan mencuci rubik dalam keadaan terpasang karena gak efektif, kamu harus copot semua bagiannya dulu supaya bisa membersihkan dengan lebih mudah dan optimal.

Copot semua bagian dari mulai piece, sekrup, per, dan core pada rubik, setelah itu jangan lupa dipisahkan antara bagian yang terbuat dari plastik dan yang terbuat dari logam.

    2. Cuci Bagian Plastik

edge and corner

Setelah kamu copot dan pisahkan antara bagian yang berbahan plastik dan logam, sekarang kita cuci dulu bagian yang terbuat dari plastik seperti Edge piece, Corner Piece, Center Piece, Center Caps dan Core.

Untuk yang berbahan plastik kamu bisa mencucinya dengan air dan sabun untuk membersihkan kotoran, jangan lupa untuk membersihkan sampai ke sela selanya agar lebih bersih.

Sabun yang disarankan dan mudah ditemukan adalah sabun cuci piring karena fungsinya sesuai dan sangat mudah ditemukan disekitar kita.

    3. Cuci Bagian Logam

spring and skrew

Untuk membersihkan bagian logam kamu jangan asal asalan ya, hindari mencuci langsung dengan air dan sabun, bagusnya kamu pakai cairan pelumas khusus logam yang bisa membersihkan dan  mencegah Karatan pada logam.

Jika tidak punya dan kesulitan buat dapetin cairan pelumas tersebut, kamu cukup lap aja bagian logamnya pakai tissue atau kain kering.

Cairan yang cocok untuk bagian logam ini contohnya adalah WD-40 spray.

Baca Juga : Cairan Yang Tidak Boleh Digunakan Untuk Merawat Rubik 


    4. Keringkan Semua Bagian

Sebelum dipasang kembali kamu wajib pastikan setiap piece sudah kering dan tidak ada air yang masih tersisa, hal ini penting terutama di bagian piece seperti corner dan edge yang bisa kemasukan air ke bagian dalamnya.

Supaya cepat kamu bisa gunakan kain atau tissue kering untuk mengelap agar proses pengeringan bisa lebih cepat.

    5. Pasang Kembali Rubik

memasang rubik 3x3

Setelah Rubik kering sekarang kamu bisa pasang kembali bagian bagian pada rubik tersebut, jangan lupa untuk menyetel tensionnya kembali sesuai kebutuhan feel di tangan kamu.

Nah itu dia cara membersihkan rubik yang benar dari Rubik.id , semoga artikel ini bermanfaat jika kamu ada masukan bisa berikan komentar dibawah.

Baca Juga : Cara Mencopot Dan Memasang Rubik 3x3

Happy Cubing!

Posting Komentar

0 Komentar