Tips Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3 di Bawah 60 Detik

Bagi kalian yang sudah bisa bermain rubik, mungkin ada keinginan di hati kalian untuk dapat menyelesaikan rubik dengan lebih cepat lagi ya.

Nah kali ini penulis akan membagikan cara untuk dapat menyelesaikan rubik di bawah 60 detik.

Sedikit bercerita, mungkin bagi kalian para speedcuber memperoleh waktu di bawah 60 detik itu adalah hal sepele, tapi nyatanya pengalaman penulis sendiri, bagi pemula yang baru belajar rubik  akan kesusahan untuk mencapainya, nah kali ini ada beberapa tips dari penulis bagi kalian yang ingin memulai menjadi speedcuber dimulai dari sub-60, langsung saja cekidot:

1. Hafalkan notasi

Hasil gambar untuk notasi rubik
Yes, notasi adalah poin penting bagi seorang speedcuber, tapi bagi isengcuber sepertinya notasi tidak menjadi prioritas, meskipun hanya terdiri dari singkatan Right Up Left Bottom Down dan Middle tapi nyatanya masih saja menjadi hal yang susah untuk di hafalkan. Jadi tips dari penulis, hafalkan notasi beserta arah gerakannya.

2. Latihlah fingertrick

Hasil gambar untuk rubik fingertrick
Kenapa untuk menjadi Sub60 Speedcuber butuh Fingertrcik? Jangan salah, fingertrick juga penting, karena biasanya pemula yang baru belajar Rubik memainkannya dengan telapak tangan? ngaku lah hehe. Perlu kalian ketahui kecepatan tidak akan di peroleh kalo kalian tidak mulai beralih dari memainkan rubik seperti itu.

3. Hafalkan rumus dasar


Hasil gambar untuk rumus
Kalian jangan malas menghafal rumus ya, karena jika kalian perhatikan gerakan pada rumus rubik itu sederhana, kalian tinggal sering memainkannya maka jari kalian akan terbiasa. Apalagi di level beginner kalian tidak di haruskan hafal banyak rumus. tapi memang di Last Layer kalian harus hafal rumusnya karena akan sulit jika dilakukan secara otodidak.

4. Pilih cube yang sesuai

Hasil gambar untuk brains cube
Kenapa cube ini elemen yang penting juga di bahas? Karena kalian para pemula akan di hadapkan dengan kebosanan, keputus asaan dan lain lain, jadi jika kalian belajar dengan cube yang abal2(contoh yang 10 ribuan) maka kalian akan sulit menemukan Kemistri dengan cube kalian, cielah .hehe

Sedikit cerita, dulu ketika penulis belajar rubik, penulis hanya memakai rubik keychain (harganya sekitar Rp3.000).

Lalu pakai rubik yang 10 ribuan, gampang pop, nah akhirnya penulis bertemu rubik Brains cube yang banyak di jual di pasaran, menurut penulis sendiri rubik itu sudah cukup bagi kalian yang ingin mencapai sub-60.

5. Perbanyak latihan

Hasil gambar untuk latihan rubik
Oke, kita sampai pada elemen terakhir, yang intinya jika kalian ingin menjadi seorang speedcuber perbanyaklah latihan untuk membiasakan jari jari kalian.

Sekian artikel kali ini, melanjutkan artikel ini , penulis akan membagikan tips cara menyelesaikan Rubik di bawah 30 detik, tetap pantau rubik.id ya, sampai jumpa kembali di tulisan berikutnya.

Posting Komentar

0 Komentar