Uwe Meffert, Pencipta Pyraminx Sekaligus Pembuat Megaminx dan Skewb


Kamu tahu Erno Rubik kan? Nah, foto di atas bukan foto Erno Rubik, melainkan foto Uwe Meffert. Beliau adalah orang yang menciptakan dan mendesain Pyraminx pertama kali. "Loh? Bukannya yang bikin Pyraminx itu Erno Rubik? Kan biasanya disebut "Rubik Pyraminx"." Nah, karena itulah penulis kadang-kadang merasa aneh saat orang-orang melihat sebuah twisty puzzle dan menyebutnya dengan "Rubik". Erno Rubik memang menciptakan rubik, namun tidak semua rubik diciptakan oleh Erno Rubik. Nah tanpa basa-basi lagi, yuk kita simak artikel tentang Uwe Meffert di bawah ini.

Uwe Mèffert adalah desainer puzzle keturunan Jerman yang bertempat tinggal di Hong Kong. Beliau telah mendesain banyak puzzle yang bentuk atau putarannya tidak mirip dengan Rubik's Cube. Beliau telah menciptakan desain Pyraminx sejak tahun 1971, 3 tahun sebelum Erno Rubik membuat dan mematenkan Rubik's Cube. Pyraminx adalah puzzle yang memiliki empat sumbu dan memiliki empat sisi yang berbentuk segitiga. Namun, beliau mulai membuat Pyraminx sejak Rubik's Cube mulai tenar. Pada tahun 1980, beliau mengirim desainnya kepada pembuat mainan asal Jepang, yaitu Tomy Toys, untuk dibuat purwarupa (prototype) pertamanya. Purwarupa ini dihargai 10 ribu dolar. Setelah itu, Uwe memproduksi Pyraminx-nya dan membuat mereknya sendiri, yaitu "Meffert's" pada tahun 1981.


Setelah sukses menjual Pyraminx sebanyak 10 juta buah dalam satu tahun tersebut, Uwe melanjutkan kesuksesannya dengan memproduksi masal Megaminx dan Skewb pertama kali di dunia. Megaminx adalah puzzle yang memiliki dua belas sisi yang berbentuk segilima. Desain Megaminx diciptakan oleh banyak orang di berbagai tempat dengan desain yang berbeda-beda, namun desain yang pertama kali direalisasikan adalah desain dari Dr. Cristoph Bandelow dengan nama "Hungarian Supernova". Skewb (didesain oleh Tony Durham) adalah puzzle yang berbentuk kubus namun memiliki empat sumbu yang dapat diputar seperti Pyraminx, karenanya Skewb awalnya disebut sebagai "Pyraminx Cube".

Pada tahun 2003, tepatnya pada saat World Championship 2003 (World Championship kedua, 21 tahun setelah World Championship pertama), Pyraminx dan Megaminx menjadi cabang resmi WCA yang dilombakan. Sedangkan Skewb menjadi cabang resmi WCA 11 tahun setelahnya, yaitu pada tahun 2014.

Nah itu dia sejarah tentang Uwe Meffert, Pyraminx, Megaminx dan Skewb dalam satu artikel. Sebenarnya penulis bingung mau kasih judul apa, tapi ya sudahlah. Tanpa jasa Uwe Meffert, kita mungkin tidak bakal bisa lihat Pyraminx, Megaminx, dan Skewb yang mantap seperti sekarang. Jangan lupa untuk terus pantau rubik.id untuk membaca artikel menarik lainnya.

Sumber: http://www.mefferts.com/page.php?lang=en&theme=about_uwe

Posting Komentar

0 Komentar