Wajib Tau! Inilah Macam Macam Event Dalam Perlombaan Rubik(Official Competition)

WCA logo

Halo Sob kali ini penulis mau sharing pengetahuan tentang dunia Speedcubing, buat kalian yang masih pemula atau awam tentang Speedcubing mungkin bisa jadi informasi yang menarik dan bermanfaat buat kalian.
wca event

Jika kalian sudah membaca tentang artikel  Ini , mungkin bagi kalian yang baru mengenal dan terjun di dunia Perubikan akan bingung, kenapa banyak sekali Event cabang Rubik yang di lombakan, padahal yang baru pertama kalian kenal adalah Rubik Standar atau Original Design yang berdimensi 3x3x3, so kali ini Penulis akan sedikit menjelaskan nih sob sebenarnya apa saja sih event/cabang yang banyak itu, oke cekidot:

1. 2x2x2

Sesuai namanya, Di event ini para competitor berlomba untuk menyelesaikan Rubik dengan dimensi 2x2x2 dengan secepat2nya. Jika Kalian ingin melihat Rekor Dunia resmi untuk kategori ini, kalian bisa cek link yang ada di sini

2. 3x3x3
3x3x3 Competition
Nah ini adalah Event yang paling banyak kompetitornya di setiap kompetisi sob, baik pro player Speedcuber atau yang masih newbie selalu ikut andil dalam Event ini, dan di dalam kompetisi kelas dunia, Event 3x3x3 adalah Event yang paling banyak memiliki Round, karena banyaknya kompetitor jadi Organizer Competitionnya harus membaginya menjadi beberapa round sebelum akhirnya menemukan Pemenangnya, cek Rekornya di sini sob.

3. 4x4x4 - 7x7x7


Ini adalah Event BIG CUBES penamaannya sesuai dengan jenis rubiknya ya sob, kenapa di sebut Big Cubes? ya karena ini adalah kategori rubik besar, bukan besar ukurannya ya, tapi dimensinya 4x4x4 sampe 7x7x7.
Untuk saat ini di WCA Officialnya memang baru sampai dimensi 7x7x7 tapi tidak menutup kemungkinan akan ada dimensi yang lebih besar lagi(mungkin)

4. 3x3x3 One Handed 
3x3x3 One Handed Solving

Sesuai namanya , di event ini kompetitor harus menyelesaikan rubik berdimensi 3x3x3 dengan 1 tangan, atau One Handed atau biasa di sebut OH, bagi pemula mungkin hal ini terlihat sulit, apalagi melihat Rekor dengan waktu yang sangat cepat.

Di event ini kompetitor bebas mau memakai tangan kiri atau kanan, tapi tidak di perbolehkan mengganti tangan di tengah2 solving ya sob.

5. 3x3x3 With Feet
3x3x3 With Feet

Mungkin kalian sudah tau event ini, dari kata feet yang artinya kaki. Ya, di event ini kompetitor di haruskan menyelesaikan Rubik dengan satu kaki, biasanya ukuran rubiknya agak besar dikit sob, supaya mempermudah kompetitor.

6. 3x3x3 Fewest Move
Fewest Move

Event ini sedikit berbeda , karena bukan kecepatan yang di andalkan, tapi pemikiran si cuber sendiri, pada Event Fewest Move ini kompetitor di berikan batas waktu 1 jam untuk menemukan solusi yang sesingkat2nya untuk dapat menyelesaikan Rubik yang telah teracak . Jika biasanya butuh sekitar 50an langkah atau gerakan pada metode CFOP atau Beginner, maka di Event yang ini metode CFOP tidak lazim di gunakan karena boros akan gerakan. Buat yang tertarik mempelajari Fewest Move kalian bisa searching tutorialnya di Youtube ya sob.

7. 3x3x3 Blinfolded
3x3x3 blindfolded

Di Event ini kompetitor di haruskan menyelesaikan Rubiknya dengan mata tertutup, terlihat mustahil kan? tapi sebenarnya semua yang ada di event ini bisa di pelajari oleh siapapun sob.

Pastikan kalian rajin berkunjung ke blog ini ya, nantinya akan banyak tutorial seputar dunia Rubik.

8. 3x3x3 Multi Blindfolded
3x3x3 multi blindfolded

Sama seperti di 3x3x3 Blinfolded, di event ini kompetitor juga di haruskan untuk menyelesaikan rubik dengan mata tertutup, bedanya adalah jumlah rubiknya, untuk mengikuti event ini minimal harus pakai 2 rubik sob waktu yang di berikan adalah 60 menit.
9. 4x4x4 Blinfolded
4x4x4 Blinfolded

Masih dengan mata tertutup, kali ini memakai dimensi yang lebih besar yaitu 4x4x4
10. 5x5x5 Blindfolded
5x5x5 Blinfolded

Nah ini adalah event Blinfolded atau biasa di singkat BLD terakhir , jadi sampai saat ini belum ada event BLD lagi dengan dimensi yang lain secara resmi di dalam kompetisi WCA.

11. Pyraminx
Pyraminx 
Beralih dari Rubik kotak, kali ini adalah event rubik yang berbentuk segitiga, atau di sebut Pyraminx, karena bentuknya mirip Pyramid. unik ya sob :)

12. Megaminx
Megaminx
Ini adalah Rubik dengan sisi terbanyak, yaitu 12 sisi, berbeda dengan rubik yang kotak kotak yang hanya punya 4 sisi. Event ini di indonesia sendiri jangan di perlombakan, terutama perlombaan di daerah, karena memang peminatnya sedikit.

13. Skewb
Hasil gambar untuk skewb competition
Skewb
Nah ini nama dari rubik yang paling sulit di ucapkan, hehe
Biasanya ada yang menyebutnya Skeweb atau Skub atau Skyub. Susah ya sob, jadi pengucapan mana nih yang sesuai. O ya Event ini banyak peminatnya juga loh, bagi kalian yang baru mengenal Rubik mungkin akan bingung dengan bentuknya , apalagi yang belum pernah memegang secara langsung.

14. Clock
Hasil gambar untuk rubik clock competition
Clock
Bagi kalian yang baru kenal rubik pasti mengira ini adalah Jam :) . Tapi bukan sob, ini adalah Rubik yang bentuknya mirip dengan jam. Event ini juga kurang di minati di kompetisi daerah2 sob, tertarik mempelajarinya?

15. Square-1
Hasil gambar untuk square 1 event
Square 1 teracak
Ini adalah event terakhir dari jajaran event yang di lombakan secara resmi oleh WCA.
Bentuk yang kalian lihat adalah bentuk ketika di acak sob, jadi jika di acak maka bentuknya jadi tak beraturan, mungkin bagi kalian yang baru mengenal dunia rubik akan bingung bagaimana cara mainnya, tapi jika kalian beli baru bentuknya kotak kok sob, seperti ini
Hasil gambar untuk square 1 competition
Square 1

Jadi totalnya ada 18 Event, nah jika kalian bisa menyelesaikan semua event ini kalian akan menjadi PLATINUM MEMBER di https://www.worldcubeassociation.org/ . Di indonesia sendiri baru ada 3 orang yang sudah mencapai Platinum Member. Yaitu Vincent Hartanto Utomo , Wilson Alvis , dan Ahsanul Insan Hamid .

Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian, terimakasih :)

Posting Komentar

0 Komentar