Apa Sih Bedanya Rubik Yang Murah dan Mahal?


Halo sobat cuber, kembali lagi di rubik.id, kali ini rubik.id akan membahas nih sebenarnya apa sih bedanya rubik yang murah sama yang mahal? Mungkin dari faktor harga sudah jelas ya, jika keduanya mempunyai perbedaan di harga, tapi kenapa sih rubik ada yang murah ada yang mahal? Nah, pada artikel kali ini penulis akan sedikit mengulik buat kalian yang penasaran, cekidot

Harga
Hal paling mendasar dari membedakan keduanya adalah harga, kenapa rubik di katakan murah ya karena harganya murah, dan juga sebaliknya, berikut akan penulis share alasan-alasan yang bisa menjadikan rubik bernilai lebih mahal :).

Desain
Biasanya, sebuah cube flagship akan membawa desain baru dan berbeda dari sebelumnya, dan inovasi terhadap cube ini juga membutuhkan biaya sob, seperti arsitek untuk sebuah rumah, rumah yang memakai jasa arsitek dan tidak tentu memakan biaya yang berbeda dan hasil yang berbeda pula.

Dan biasanya juga untuk seri budget cube atau rubik yang lebih murah, desainnya mengadopsi seri flagshipnya, jadi hampir tidak ada hal baru dari seri budget cube sebuah brand, apalagi untuk cuber yang biasa memakai cube flagship.

Bahan/Material
Meskipun sama-sama berbahan plastik, cube ini juga berbeda sob, secara kasat mata mungkin kalian tidak bisa membedakan, karena ya bentuknya memang plastik. Tetapi plastik yang digunakan tentunya memiliki kualitas yang berbeda, percayalah :).

Feel/Rasa
Meneruskan dari sisi bahan, perbedaan kualitas akan menimbulkan feel yang berbeda juga sob, hal ini bisa dibuktikan jikaa kalian memiliki 2 cube yang berbeda, yang satu flagship dan yang satu budget. Jika kalian belum percaya, maka buktikanlah :).

Umur
Rubik sejatinya memiliki umur, biasanya untuk sebuah budget cube, umurnya tidak akan terlalu lama, kemudian cuber akan meninggalkannya dan beralih ke cube yang baru. Hal ini disebabkan berbagai faktor, ya salah satunya material. Real story, penulis sendiri punya 1 cube budget yaitu mf3rs, dan sebuah flagship GTS2M, nah keduanya ini memiliki instensitas pemakaian yang relatif sama, tetapi untuk sekarang, cube mf3rs ini ketika disetup tidak memiliki banyak perubahan, dan putarannya sudah berat. Berbeda dengan seri flagship yang menjaminkan umur yang lebih panjang untuk dipakai seorang cuber.

Bahkan penulis bisa menjamin, jika kalian pemula dan cube pertama kalian adalah seri flagship (keluaran terbaru), maka kalian akan tetap menggunakannya sampai kalian jago atau menjadi pro player :). Itu berdasarkan pengalaman penulis sob, yang sering ganti-ganti cube.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa menjadi pencerahan untuk kalian yang penasaran. Tapi jika artikel di atas kurang membantu, kalian bisa buktikan sendiri dengan mencobanya dan memakainya. See you

Posting Komentar

0 Komentar