Pilih Rubik Berstiker atau Stickerless untuk Speedcubing?

pilihan jenis rubik's cube modern

Selamat datang kembali di rubik.id, di artikel kali ini, penulis akan sedikit sharing tentang sesuatu yang sering diperdebatkan oleh cuber pemula, yaitu mau milih cube atau rubik yang berstiker atau stickerless (tanpa stiker).

Bagi kalian yang masih pemula, mungkin kalian akan kebingungan dengan 2 hal ini, karena pada dasarnya, kedua jenis cube ini sama saja. Apalagi rubik keluaran terbaru saat ini, meskipun stickerless atau stickered, keduanya menggunakan base di bagian dalam dengan jenis sama yaitu primary base, jadi dari segi feelnya tentu tidak ada perbedaan. Nah jadi perbedaanya apa sih?

Rubik blackbase lebih direkomendasikan ketimbang whitebase

Pada umumnya, untuk kategori 3x3x3, kebanyakan cuber memakai cube blackbase untuk yang berstiker, penulis sangat jarang menemui ada cuber yang memakai whitebase, kalian mau tau kenapa? Karena pada dunia speedcubing, kita akan mengalami proses yang namanya Look Ahead, atau melihat ke depan.

Jika kalian ingin memakai whitebase, maka kalian akan kesusahan, karena base putih yang ada pada rubik tersebut akan mengganggu fokus kalian terhadap warna-warna dalam rubik tersebut. Sedangkan blakcbase yang notabene berwarna hitam, mata kalian akan lebih bisa melihat warna stiker dengan cepat.

Blackbase vs Stickerless

Sedangkan pada versi stickerless, tidak ada partisi yang berupa warna hitam atau putih, jadi kalian akan langsung melihat warna dari piece tersebut.

Untuk kategori ini, kalian bisa memilih yang menurut kalian cocok. Tapi dari yang penulis amati, untuk seri Big Cubes, kebanyakan cuber professional memakai rubik berjenis stickerless. Sedangkan pada dimensi yang lebih kecil bervariasi, bisa dibilang 50:50, jadi baik stickerless ataupun blackbase keduanya sama-sama bisa diandalkan untuk dimensi standar, Dan untuk Big Cubes, lebih prefer ke stickerless ya.

Kesimpulan

Rubik berstiker atau stickerless sama-sama bisa diandalkan untuk speedcubing, tetapi untuk versi stickered, blackbase lebih diutamakan, sedangkan stikerless jika dibandingkan dengan blackbase memiliki skor yang sama yaitu 50:50, tetapi untuk Big Cubes, rubik stickerless lebih direkomendasikan, karena selain mudah untuk look ahead, juga tidak perlu mengganti stiker kedepannya.

Semua itu tergantung bagaimana mata kita membiasakan untuk melihat benda atau warna, jika kalian rajin berlatih dan mencoba kedua versi tersebut, kalian tentu tidak akan kesulitan untuk menggunakannya. Tapi jika kalian tidak berkeinginan, kalian bisa mulai dengan 2 cube 3x3x3 yang stickerless atau blackbase, dan Big Cubes yang stickerless semua :).

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian. See you.

Posting Komentar

0 Komentar