Tahap Menyelesaikan Rubik Dengan Mata Tertutup


Hai sobat cuber, setelah kemarin rubik.id memposting tentang WR Multi-Blindfolded 3x3x3, kali ini rubik.id akan membahas, sebenarnya bagaimana sih langkah-langkah untuk bisa menyelesaikan rubik dengan mata tertutup? Nah di artikel ini penulis akan sedikit membahasnya sob.

Tahap Pertama - Memorisasi
Jika kalian lihat pada sebuah video Blindfolded Solving, pasti timer akan berjalan ketika cube yang tertutup oleh cube cover dibuka dan dipegang oleh seorang cuber, tetapi cuber tidak langsung memainkannya, melainkan melihat lihat cubenya terlebih dahulu seperti menginspeksi rubiknya, ini adalah yang disebut memorisasi.

Memorisasi bertujuan untuk mengingat posisi dari piece yang ada di rubik tersebut, di mana biasanya cuber memorisasi edge terlebih dahulu untuk kemudian memorisasi corner. Untuk tutorial atau cara memorisasi, kalian bisa lihat di video di bawah ini sob.

Video Memorisasi

Video Memorisasi

Sebelumnya penulis ucapkan terimakasih yang sebesar2nya kepada Mas Wicaksono Adi, karena dari video beliau banyak lahir BLD solver pemula di indonesia :).

Meskipun memorisasi ini adalah tahap yang paling awal dari menyelesaikan rubik dengan mata tertutup, tahap ini sejatinya dipelajari di akhir sob, karena buat apa kalian bisa memorisasi kalau tidak bisa solving rubik dengan mata tertutup :v.

Tahap Kedua - Eksekusi Corner dan Edge
Nah ini adalah tahap di mana mata cuber sudah harus ditutup, pada tahap ini cube dipegang sesuai orientasi awal saat memorisasi, jika kalian pemula, biasanya menggunakan merah di depan dan kuning di atas sebagai default orientation.

Metode yang digunakan untuk Eksekusi Corner dan Edge pada Blindfolded Solving 3x3x3 ada beragam sob, yang paling basic dan paling mudah dipelajari adalah Old Pochman atau disingkat OP. Kalian bisa mempelajari metode tersebut di link yang ada di balik tulisan INI sob :).

Tahap Ketiga - Parity (Jika Ada)
Meskipun ini masuk tahap eksekusi, tetapi penulis sematkan juga sebagai tahap menyelesaikan rubik dengan mata tertutup ya sob, ya tujuannya buat kalian pemula yang ingin mempelajari BLD, dan harus tetap ingat akan Parity.

Jadi parity ini terjadi apabila jumlah Edge atau Corner yang dimemorisasi berjumlah Ganjil, maka ketika selesai menembak piece terakhir pada edge (jika edge dulu) atau pada corner (jika corner dulu) kalian harus melakukan Algoritma Parity.

Jadi jika diurutkan tahapan solving pada BLD adalah sebagai berikut

Memorisasi - Eksekusi Corner - Parity(Jika Ada) - Eksekusi Edge

Atau

Memorisasi - Eksekusi Edge - Parity (Jika Ada) - Eksekusi Corner

Pada dasarnya semua metode menggunakan urutan yang sama, hanya saja pada metode yang tingkat lanjut tidak mudah dipelajari seperti metode Old Pochman sob, jadi kalian harus belajar OP dulu dan menguasainya sebelum beralih ke metode yang lebih cepat :).

Sekian Artikel kali ini, artikel ini bukan sebuah Tutorial, hanya sebagai pengetahuan untuk kalian yang penasaran tentang BLD, jika kalian tertarik mempelajarinya kalian bisa menuju link video yang berada di artikel ini sob. see you

Posting Komentar

1 Komentar