Tips Cara Menyelesaikan Rubik Di Bawah 20 Detik


Halo sobat cuber, selamat datang di rubik.id. Di artikel kali ini penulis akan sharing bagaimana caranya sih biar bisa menyelesaikan rubik di bawah 20 detik? Simak terus ya.

Artikel ini berdasarkan pengalaman penulis, dan mungkin kalian juga bisa menerapkannya ya. Sebelum kalian baca artikel ini lebih lanjut, ada baiknya kalian baca artikel sebelumnya.

Baca Juga :"Tips Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3 Di Bawah 30 Detik"
Jadi dalam bermain rubik itu ada tahapan-tahapan yang harus dilalui, karena semuanya tidak instant sob. Jika kalian ingin bisa menyelesaikan rubik di bawah 20 detik, ada baiknya sekarang kalian sudah sub 30 detik minimal, tapi lebih baik lagi jika sudah sub 25 detik.

Metode
Pada artikel kali ini yang penulis jadikan acuan adalah metode CFOP, karena metode ini paling banyak digunakan oleh cuber di seluruh dunia. Jadi bagi kalian pengguna metode lain, mungkin ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan juga ya sob.

Fingertrick
Fingertrick adalah hal yang harus selalu kita latih sebagai seorang cuber, karena fingertrick yang baik dapat mempercepat dalam menyelesaikan rubik. Jadi jangan malas untuk latihan fingertrick ya sob.

Look Ahead
Selain fingertrick, Look Ahead juga berperan penting dalam menyelesaikan rubik dengan cepat. Cara latihan look ahead adalah dengan solving rubik secara slow turning, supaya mata kita lebih mudah melihat kasus selanjutnya yang akan kita dapatkan ketika solving. Look ahead ini juga harus kita latih secara terus menerus sampai hampir tidak ada jeda antara tahap satu dengan tahap berikutnya sob.

Full PLL
Setelah fingertrick dan look ahead, PLL juga merupakan hal yang sangat penting dalam menyelesaikan rubik di bawah 20 detik. Dan penulis rasa menguasai 21 algoritma PLL dalam metode CFOP ini sangat wajib bagi speedcuber. Selain hafal rumusnya, kalian juga harus melihat kasus dalam PLL dengan cepat untuk kemudian menyelesaikannya, nah ini diperlukan peran dari look ahead dan fingertrick, jadi semua pointnya saling berkaitan sob.

Berikut ini perhitungan waktu per step dalam menyelesaikan rubik di bawah 20 detik, kalian harus bisa lebih cepat dari ini ya.

Cross - 3 Detik (Jangan melebihi 3 detik)
F2L - 8 Detik
2 Look OLL - 5 Detik
PLL - 3 Detik

Jika dijumlahkan akan ketemu hasil 19 detik, jika kalian rajin berlatih maka waktu dari setiap stepnya bisa dipangkas sehingga menjadi lebih cepat. Kalian bisa melakukan average of 100 atau 200 atau lebih untuk latihan kalian supaya lebih lancar  dalam fingertrick dan look ahead.

Catatan: Pelajari juga algoritma OLL sedikit demi sedikit, karena ini akan membantu untuk mempercepat step OLL kalian.

Oke, sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar