Tutorial Rubik Pyraminx Metode Layer By Layer (Tingkat Dasar)

Halo sobat cuber! Di artikel ini, rubik.id akan membahas mengenai metode layer by layer atau LBL dalam menyelesaikan pyraminx. Jadi, bagi kalian yang baru membeli pyraminx dan ingin bisa menyelesaikan pyraminx, mungkin artikel ini akan sangat membantu.

Pada dasarnya jika kalian sudah bisa rubik 3x3x3, seharusnya tidak ada kesulitan berarti dalam menyelesaikan pyraminx dengan metode LBL ini, terutama untuk baris pertamanya. Namun, penulis akan tetap memasukannya dalam artikel ini sebagai referensi yang mungkin kalian butuhkan.

Langsung saja ke tutorialnya berikut ini.

Notasi

Sebelum kalian bermain pyraminx, kalian harus mengenal notasinya terlebih dahulu. Berikut penulis tunjukkan cara memegang pyraminx yang benar, terutama dalam metode LBL atau V First.

cara memegang pyraminx yang benar

Gunakan notasi-notasi di bawah ini untuk menerapkan algoritma penyelesaian.
notasi algoritma rumus pyraminx

Tahap pertama - membuat cross

Sebenarnya tidak benar-benar terdapat cross pada pyraminx, tapi supaya mudah diingat, kita namai saja tahap ini sebagai tahap untuk membuat cross. Caranya sama seperti di rubik 3x3x3. Pada tahap ini, kalian diharuskan untuk membuat bentuk seperti ini.
cross pyraminx
Jadi, satukan center dengan corner di salah satu sisi saja ya (terdapat 3 warna pada center dan corner, center dan corner pyraminx bisa berubah arah, tetapi tidak bisa berpindah tempat).

bagian-bagian pyraminx
Untuk jadi patokan, kalian pilih salah satu sisi yang terdapat 3 buah center yang memiliki warna sama, meskipun pada kondisi teracak, center dan corner pyraminx akan berubah arah, tetapi posisi center dan corner tidak berubah atau tidak berpindah, hanya berubah orientasi. Kalian tinggal memutarnya untuk menyamakan ketiga center-nya, seperti gambar yang ada di atas.

Tahap kedua - menyelesaikan lapisan pertama

Setelah kalian bisa membuat cross, letakan posisinya di bawah, seperti di rubik 3x3x3 ya. Berikut kasus pada penyelesaian first layer.
penyelesaian lapisan pertama pyraminx

RUMUS: R' L R L'
penyelesaian lapisan pertama pyraminx 2

RUMUS: L R' L' R
penyelesaian lapisan pertama pyraminx - 3

RUMUS: L' U L
penyelesaian lapisan pertama pyraminx 4

RUMUS: R U' R'

Pada tahapan ini layer pertama seharusnya sudah selesai, seperti ini.
penyelesaian lapisan pertama pyraminx - hampir selesai

Lanjut saja ke tahap berikutnya.

Tahap ketiga - menyelesaikan lapisan terakhir

Nah pada tahap ini yang membutuhkan hafalan rumus atau algoritma yang tidak terlalu banyak. Total ada 5 kasus yang mudah dihafal dan dieksekusi.

KASUS 1-FLIP

1-flip pyraminx case

RUMUS: L R' L' R U' R U R'


KASUS 2 (Kasus Mirip PLL U(a))

pyraminx case 2

RUMUS: R U R' U R U R'

KASUS 3 (Kasus Mirip PLL U(b))

pyraminx case 3

RUMUS: R' U' R U' R' U' R

KASUS 4

pyraminx case 4 last layer

RUMUS: L U R U' R' L'

KASUS 5

pyraminx case 5 last layer

RUMUS: R' U' L' U L R

Nah, seharusnya kalian sudah bisa menyelesaikan pyraminx dengan metode LBL. Meskipun terlihat ribet, tapi jika kalian mau menekuninya dan berlatih fingertrick dengan baik, kalian bisa menggunakan metode ini untuk mencapai waktu rata-rata di bawah 5 detik.

Selamat mencoba ya!

Posting Komentar

0 Komentar