Lakukan Ini Sebelum Mengikuti Kompetisi Resmi WCA

     Hallo Cuber! Berjumpa lagi bersama mimin disini dan kali ini mimin akan sedikit membahas tentang apa yang sebaiknya kalian lakukan sebelum mengikuti kompetisi rubik official, hal ini anggap saja sebagai sedikit gambaran atau pemanasan pra-kompetisi.


     Di sini mimin akan mengenalkan salah satu web yang fungsinya itu sebagai timer untuk bermain rubik cube sekaliigus untuk melihat peringkat catatan waktu kita apabila mengikuti kompetisi official.

    Web tersebut adalah Ranking Timer yang dapat kalian akses dengan cara mengunjungi link rankingtimer.com pada browser kalian, jika kalian mengaksesnya melalui ponsel kalian maka jangan lupa aktifkan mode situs desktop pada pengaturan browser kalian.



      Pada timer ini terdapat berbagai macam acakan resmi yang sudah pernah digunakan pada berbagai macam kompetisi resmi yang sudah berlangsung. Dapat terlihat juga acakan tersebut diambil dari kompetisi apa dan kapan tanggal pelaksanaannya.



     Tidak hanya ada kategori rubik 3x3x3 saja tapi ada juga event lain yang dapat kalian coba, misalnya 2x2x2, 4x4x4, one hand, dan lainnya. Jenis rubik yang tersedia berdasarkan wca event, jadi untuk kategori-kategori lainnya belum tersedia.



     Uniknya kita juga dapat mengatur urutan peringkat berdasarkan benua, negara maupun jenis kelamin. Jadi kita bisa melihat urutan peringkat kita tidak hanya di dunia tapi juga bisa melihatnya hanya di Indonesia.



     Sama seperti website timer rubik lainnya, disini ada list catatan waktu. Namun hanya ada lima catatan waktu yang akan dihitung karena hanya dapat mengambil average of 5. Kita juga dapat melihat catatan waktu terbaik, terburuk dan juga rata-rata waktu kita. Juga ada fitur DNF apabila kita gagal menyelesaikan rubik namun sayangnya tidak ada fitur +2.



     Untuk kekurangannya mungkin suasana yang dirasakan akan berbeda, karena solving biasa saat latihan di rumah akan sangat berbeda dengan suasana saat mengikuti kompetisi resmi. Bagi kalian yang belum pernah mengikuti kompetisi resmi timer satu ini akan sangat berguna untuk memperkirakan peringkat kalian nanti.

     Namun berapapun peringkat kalian jangan pernah minder atau takut untuk mengikuti kompetisi resmi, karena peringkat bukanlah segalanya. Setidaknya kalian sudah berpartisipasi meramaikan iklim cubing nusantara dan menunjukan support kalian untuk dunia cubing Indonesia.

     Jika pembahasan kali ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya dan ajak teman anda untuk membaca pembahasan ini juga agar teman kalian juga tahu apa yang kalian tahu.

     Jika kalian punya request untuk mimin membahas apa pada pertemuan berikutnya silahkan komentar di bawah dan kalau kalian punya kritik serta saran silahkan sampaikan, karena saran dari kalian akan sangat bermanfaat untuk perkembangan mimin supaya lebih baik lagi ke depannya.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Cara memulai timernya gimana ya kok saya gak bisa dipencet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ditekan spasi kalau menggunakan keyboard apabila menggunakan ponsel bisa menaekan angka pada timer

      Hapus