Tips Menyelesaikan Rubik Cube 3x3x3 Menggunakan Satu Tangan (One Hand)







  

     Hallo Cuber, pernah lihat seorang cuber menyelesaikan rubik 3x3 dengan hanya menggunakan satu tangan? Bagi yang belum tau bermain rubik 3x3 dengan satu tangan saja itu termasuk salah satu cabang resmi yang terkadang sering diperlombakan pada kompetisi resmi oleh World Cube Association (WCA). 

     Bagi kalian yang belum pernah mencoba meneyesaikan rubik menggunakan satu tangan mungkin saat pertama kali mencobanya jari kalian akan terasa pegal dan keram, tapi ini adalah merupakan hal yang sangat umum dialami oleh seorang pemula. Untuk kalian yang masih pemula dan ingin mendalami cabang yang satu ini dan bingung apa yang harus kalian lakukan, maka dari itu ada baiknya kalian mengikuti beberapa tips dari saya. Berikut ini tips menyelesaikan rubik cube 3x3x3 dengan satu tangan.


1. Pilihlah Tangan Mana Sebagai Eksekutor
      Bagi kalian yang masih pemula dan ingin memperdalam cabang yang satu ini, kalian harus memilih salah satu tangan kalian sebagai eksekutor yang akan menyelesaikan rubik kalian. Tidak ada anjuran tangan mana yang lebih baik untuk digunakan karena setiap cuber memiliki pendapat yang berbeda-beda. Gunakanlah tangan yang paling cocok dalam menggerakan notasi pada setiap algoritma yang kalian pakai, misalnya kalau notasi pada algoritma atau rumus yang kalian pakai itu kebanyakan menggunakan R maka ada baiknya kalian menggunakan tangan kiri sebagai eksekutor. Namun apabila rumus kalian kebanyakan menggunakan L, maka gunakanlah tangan kanan kalian sebagai eksekutor.

      Jika kalian ingin menggunakan tangan kiri tapi kalian tidak kidal maka kalian tidak perlu khawatir, karena hal yang satu ini tidak berpengaruh dalam tahap belajar kalian. Banyak cuber yang bukan seorang kidal namun menggunakan tangan kiri saat menyelesaikan rubik dengan satu tangan.

2. Latihan Gerakan Sexy Move (R U R’ U’)
     Bagi kalian yang belum pernah sama sekali menyelesaikan rubik dengan satu tangan jangan langsung terburu-buru untuk menyelesaikan rubik dengan satu tangan, sebaiknya kalian melatih fingertrick terlebih dahulu dengan cara melakukan sexy move secara berkala hingga sudah lancar melakukannya.

     Bagi yang belum tau sexy move itu seperti apa dan bagaimana cara melakukannya maka saya akan sedikit menjelaskan tentang sexy move. Sexy move adalah gerakan yang sering digunakan untuk melatih fingertrick seorang cuber dan yang paling umum digunakan oleh para cuber adalah dengan melakukan gerakan R U R’ U’ yang dilakukan secara berulang-ulang. Biasanya seorang cuber melakukan sexy move dengan kondisi rubik yang sudah tersusun dan akan dilakukan sexy move secara berulang sampai akhirnya kondiri rubik tersebut kembali seperti semula.

3. Fingertrick
     Jika kalian sudah menentukan tangan mana sebagai eksekutor dan sudah berlatih sexy move, maka kalian harus belajar lagi fingertrick yang akan kalian gunakan dalam menyelesaikan rubik dengan satu tangan. Saat latihan menggunakan sexy move sebenarnya fingertrick kalian sudah mulai terbentuk, namun belum sepenuhnya dikarenakan kalian hanya melatih notasi pada sisi R dan U saja.

     Kalian dapat mempelajari fingertrick untuk setiap notasi pada cuber yang sudah berpengalaman atau kalian juga bisa mencari tutorial yang tersebar di internet. Carilah fingertrick yang paling cocok dan nyaman untuk kalian lakukan dan jangan takut untuk mencoba untuk membuat fingertrick kalian sendiri, tidak masalah dan tidak ada aturan dalam membuat fingertrick kalian sendiri selama itu nyaman dan kalian rasa cocok.

4. Algoritma atau Rumus
     Jangan takut juga untuk menggunakan rumus baru yang lebih nyaman digunakan untuk menyelesaikan rubik dengan satu tangan, mungkin saja ada beberapa rumus yang sudah kalian hafal dan saat kalian mencoba melakukan rumus tersebut saat menyelesaikan rubik dengan satu tangan akan terasa lebih sulit. Jadi kalian bisa mempelajari rumus baru yang lebih mudah digunakan saat menyelesaikan rubik dengan satu tangan, kalian bisa mempelajari rumus-rumus baru dari berbagai macam sumber.

5. Latihan Rutin
     Bagi kalian yang serius ingin memperdalami cabang yang satu ini, maka kalian harus latihan secara rutin. Tidak harus lama-lama dan banyak-banyak dalam latihan, cukup dengan minimal sepuluh hingga dua puluh kali solving saja dalam sehari dan dilakukan setiap hari. Kalian juga bisa berlatih fingertrick saja tanpa harus menyelesaikan rubik tersebut agar membiasakan kalian dalam menyelesaikan rubik dengan satu tangan.

     Jika kalian bermalas-malasan dalam latihan maka kalian tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan, namun jika kalian terlalu berlebihan dalam latihan maka itu juga tidak terlalu baik untuk diri kalian. Lakukanlah latihan dengan porsi yang sesuai berdasarkan pribadi kalian masing-masing, jangan terlalu memaksakan diri.
Mungkin hanya itu saja tips bermain rubik dengan satu tangan yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini, tips kali ini ditunjukan untuk kalian yang masih pemula dan yang mau belajar menyelesaikan rubik 3x3 dengan satu tangan. Semoga tips yang saya berikan ini bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa jika kalian suka dengan tips ini silahkan ajak teman-teman anda untuk berkunjung kemari supaya mereka juga dapat belajar bersama yang lain.

     Sekian dulu untuk kali ini dan sampai jumpa lagi pada kesempatan lain dan ingat selalu pesan saya, nikmati permainannya karena disitulah asiknya dan jangan terlalu dipikirkan karena hanya akan menjadi beban dan hal itu tidak membuat kalian berkembang tapi hanya membuat kalian jalan di tempat.

     Jika kalian punya tips lain yang tidak tercantum di atas silahkan tulis di kolom komentar agar yang lain juga dapat terbantu dengan tips yang kalian berikan dan semoga menjadi bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar

0 Komentar