Cuber Wajib Hafal! 4 Rumus PLL Ini Bikin Kamu Bisa Main Rubik Tutup Mata

Hallo Cuber! Berjumpa lagi bersama mimin disini dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 4 rumus PLL yang ternyata bisa kalian gunakan untuk main rubik dengan mata tertutup.

rumus pll rubik untuk blinfolded pemula

Dalam bermain rubik dengan mata tertutup kita bisa menggunakan metode yang bernama Old Pochman dan kali ini mimin tidak akan mengajarkan kalian bagaimana cara melakukannya melainkan hanya memberitahu kalian rumus PLL apa saja yang digunakan pada metode ini.

1. PLL T

PLL T Blindfolded 3x3x3
Digunakan untuk mengeksekusi bagian edge rumus yang satu ini sangat berperan penting dalam metode Old Pochman.

2. PLL Ja

PLL Ja Blindfolded 3x3x3
Fungsinya juga sama yaitu untuk mengeksekusi edge juga namun untuk sisi yang berbeda dan mimin menggunakan notasi U2 terlebih dahulu sebelum memakai algo diatas. Rumus ini juga digunakan untuk mengesekusi bagian corner.

3. PLL Jb

PLL Jb Blindfolded 3x3x3
 Memliki fungsi yang sangat sama dengan PLL Ja yaitu untuk mengkesekusi edge maupun corner namun memiliki arah eksekusi yang berbeda.

4. PLL Y

PLL Y Blindfolded 3x3x3
PLL yang satu ini dikhususkan untuk mengeksekusi bagian corner saja dan juga sangat berperan penting dalam metode ini.

Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini, sebenarnya ada satu rumus PLL lagi yang digunakan sebagai penyelesaian apabila bertemu parity. Namun mimin memilih untuk tidak membahasnya karena bagi kalian yang masih belajar BLD tidaklah terlalu penting mempelajari parity di awal.

Saran mimin bagi kalian yang mau belajar BLD jangan memikirkan memorisasi yang sangat kuat namun harus memahami konsep dasar dari BLD itu sendiri dan juga jangan takut dengan parity sebaiknya kalian lupakan dulu yang namanya parity.

Posting Komentar

0 Komentar