Berani Coba Pakai? Ini Dia 5 Metode Rubik's Cube 3x3x3 Paling Populer Dan Banyak Dipelajari

    Hallo Cuber! Berjumpa lagi bersama saya disini dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan fakta tentang metode rubik mana yang paling sering dipelajari.
    Awal pertama kali saya melihat rubik, saya berpikir bahwa untuk menyelesaikan rubik tersebut diperlukan iq yang sangat tinggi dan hanya orang jenius yang mampu menyelesaikannya. Namun setelah saya mempelajari lebih jauh, ternyata untuk menyelesaikannya ada metode khusus yang harus dipelajari.
    Kemudian setelah saya belajar dan akhirnya mampu menyelesaikan rubik, saya menemukan fakta bahwa tidak hanya ada satu metode untuk menyelesaikan rubik 3x3. Akhirnya saya mencari tau apa saja metode tersebut dan ini dia 5 metode yang populer dan sering dipelajari.

1. Beginner Method (Layer By Layer)

    Dikalangan para cuber, metode satu ini merupakan dasar untuk bisa menyelesaikan sebuah rubik. Rata-rata cuber saat pertama kali belajar bermain rubik akan menggunakan metode satu ini.

2. Fridrich Method (CFOP)

    Fridrich Method atau yang lebih dikenal dengan CFOP merupakan metode rubik yang sangat populer dikalangan para speedcuber, biasanya cuber yang ingin beranjak ke sub 20 akan menggunakan metode satu ini.

3. Roux Method
    Roux Method mungkin tidak asing lagi bagi para cuber karena kepopulerannya yang tidak kalah dengan CFOP, namun di Indonesia sendiri masih sangat jarang cuber yang menggunakan metode satu ini sebagai metode utamanya dalam menyelesaikan rubik.

4. Petrus Method

    Petrus biasanya digunakan oleh para cuber yang ingin menyelesaikan rubik dalam event FMC, karena kelebihan petrus yaitu menyelesaikan rubik dengan gerakan yang efisien sehingga meminimalisir move yang dilakukan.

5. ZZ Method
    ZZ Method merupakan pengembangan dari metode CFOP dimana memiliki kelebihan yaitu meminimalisir rotasi serta selalu mendapatkan OLL dengan kasus edge yang sudah terorientasi.

    Itu dia 5 metode rubik 3x3 yang populer dan banyak dipelajari oleh cuber, apakah kalian berminat untuk mempelajari semuanya? Sekian dulu untuk pembahasan kali ini, jika ada kesalahan mohon dikoreksi pada kolom komentar.

    Jangan lupa follow akun instagram @rubikscubeid karena akan ada informasi seputar dunia cubing setiap harinya.

Posting Komentar

0 Komentar