Bukan Cuma GAN Robot! Ini Dia 7 Robot Rubik Yang Wajib Kalian Tau

    Hallo Cuber! Berjumpa lagi bersama saya disini dan pada kesempatan kali ini berbeda dengan biasanya, saya akan membahas tentang robot yang dapat menyelesaikan rubik.
    Pada daftar kali ini saya akan membahas robot yang mampu menyelesaikan rubik bahkan memegang rekor dunia dalam menyelesaikan rubik 3x3 dengan cepat. Jadi ini dia 7 daftar robot rubik yang memecahkan rekor dunia.

1. Cubestomer 3 (terbuar dari LEGO)

    Didukung oleh Samsung Galaxy S4, robot satu ini mampu menyelesaikan rubik dengan catatan waktu 3.253 detik pada tahun 2014. Dibuat oleh Mike Dobson dan David Gilday.

2. Paul Rose and Jay Flatland Rubik's Cube Robot


    Dikembangan oleh dua pengembang perangkat lunak yaitu Paul Rose dan Jay Flatland. Pada tanggal 5 Februari 2016 robot ini memecahkan rekor dunia 2.39 detik yang dipegang oleh Zackary Gromko, dengan menyelesaikan rubik dalam 0.9 detik.

3. Sub1 Reloaded

    Dibuat oleh insinyur Infineon, Albert Beer dari Jerman. Sub1 Reloaded memecahkan rekor robot rubik tercepat dengan menyelesaikan rubik hanya 0.637 detik pada November 2016.

4. Rubik's Contraption

    Saat ini Rubik's Contraption adalah robot tercepat untuk menyelesaikan rubik. Dikembangkan oleh lulusan M.I.T Ben Katz dan Jared DiCarlo, robot ini menyelesaikan rubik hanya dalam 0.38 detik pada tahun 2018.

5. Dactyl - Robot Hand

    Dikembangkan oleh organisasi penelitian kecerdasan buatan OpenAI, Dactyl telah belajar untuk memecahkan sebuah kubus Rubik dengan satu tangan. Ini tidak secepat pemecah Rubik yang dibuat khusus itu, karena tim robotika di OpenAI memiliki ambisi yang sangat berbeda.
   
    Mereka berusaha membangun sesuatu yang jauh lebih umum dalam ruang lingkupnya, mirip dengan bagaimana manusia dan bagaimana tangan manusia dapat melakukan banyak hal, bukan hanya tugas tertentu.

6. A Self-Solving Rubik's Cube

    Dengan bantuan "dua lapisan pertama" atau algoritma F2L, papan Arduino di jantung kubus mengontrol inti cetak 3D yang penuh dengan motor servo yang memutar salah satu sisi multi-warnanya. Levitasi ini dimungkinkan dengan memasang magnet yang kuat di kubus dan meja di bawahnya.

7. GAN Robot

    GAN Robot dapat mengacak dan memecahkan kubus Rubik 3x3 menggunakan aplikasi smartphone. Untuk saat ini, itu hanya dapat menyelesaikan kubus GAN 356i. Itu dapat memecahkan kubus dalam waktu kurang dari 15 detik setelah menghitung jalur penyelesaian terbaik dalam 0,01s.

    Mungkin itu saja pembahasan kita pada kali ini, apakah kalian tertarik untuk membuat robot rubik sendiri?
    Jangan lupa follow akun instagram @rubikscubeid karena akan ada informasi seputar dunia cubing setiap harinya.

Posting Komentar

0 Komentar