Skip to main content

Cara Cepat Menyelesaikan Last 2 Edge Rubik's Cube 4x4x4

Hallo Cuber! Berjumpa lagi bersama saya disini dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi seputar rumus rubik dengan ordo 4x4x4 dalam penyelesaian dua pairing edge terakhir.

last 2 edges 4x4x4 cube - 1

Algoritma yang saya pakai disini bersumber dari CubeSkill jadi apabila rumusnya tidak cocok dengan fingertrick kalian silahkan mencari referensi dari sumber lain atau kalau kalian punya rumus sendiri silahkan tulis pada kolom komentar.

Rumus yang digunakan ini tidak diwajibkan untuk kalian hafal, namun bagi kalian yang ingin mempelajari cara menyelesaikan Last 2 Edge jauh lebih cepat dibandingkan metode beginner. Terdapat lima kasus yang akan dibahas pada kesempatan kali ini dan berikut ini kasus yang ada.

1. Kasus Pertama

last 2 edges 4x4x4 cube - 2
Dua bagian edge terakhir dalam keadaan sejajar berada pada bagian atas membentuk garis lurus berseberangan.

2. Kasus Kedua

last 2 edges 4x4x4 cube - 3
Sekilas mirip dengan kasus yang pertama namun memiliki perbedaan pada bagian edge yang sejajar yang saling berlawanan.

3. Kasus Ketiga

last 2 edges 4x4x4 cube - 4
Memiliki pola bersebelahan dengan satu pair menghadap depan dan satunya berada pada bagian kanan.

4. Kasus Keempat

last 2 edges 4x4x4 cube - 5
Memiliki pola yang sangat sama dengan kasus ketiga namun kalian dapaat membedakannya dengan cara melihat urutan warnanya. Jika pada kasus ketiga memiliki posisi pair edge yang sama sedangkan untuk kasus satu ini memiliki posisi pair edge yang berlawanan.

5. Kasus Kelima

last 2 edges 4x4x4 cube - 6
Kasus yang terakhir ini sebenarnya dapat kalian jadikan kasus pertama dengan cara menaikan pair edge yang ada pada bagian kiri ke atas. Namun ada cara lain yang lebih singkat dengan kasus satu pair berada pada bagian kiri dan satu lagi berada di kanan atas.

Mungkin itu saja untuk pembahasan kali ini jika kalian rasa artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan kepada teman kalian dan jangan lupa follow akun instagram @rubikscubeid karena akan ada informasi seputar cubing setiap harinya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->