Cara Mudah Membongkar dan Menyusun Kembali Rubik's Cube 4x4x4

Hallo Cuber! Berjumpa lagi bersama saya disini dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang rubik 4x4x4.

bongkar pasang rubik's cube gede

Susah tapi gampang, kurang lebih begitulah kata yang tepat untuk membongkar dan memasang rubik 4x4. Apalagi memasang bagian dalam rubiknya yang terkadang bisa membuat kita frustasi dan bertanya-tanya apakah cara yang kita lakukan ada yang salah.

Berikut ini tutorial membongkar dan memasang rubik 4x4 versi saya, saya tidak menyatakan ini cara yang paling benar namun ini merupakan cara mudah yang saya pakai.

Cara Membongkar Rubik's Cube 4x4x4


Membongkar rubik 4x4 sebenarnya sangatlah mudah namun karena ada beberapa kasus cuber yang memaksa membongkarnya dengan cara yang salah sehingga terjadi kerusakan pada piece hingga patah.

Maka dari itu saya akan berikan tutorial singkat bagaimana cara yang paling aman membongkar rubik tersebut.

1. Buka Satu Sisi Menggunakan Obeng



Buka skrup pada sisi atas rubik kalian lalu angkat satu sisi penuh dan letakan pada bagian yang datar dan aman supaya tidak ada bagian yang hilang. Setelah itu kalian dapat membongkar habis rubik kalian dengan cara memisahkan bagian piece dengan core.

2. Lepaskan Inner Center Dengan Core


Buka skrup yang membuat inner bagian center menyatu dengan core rubik pada setiap sisinya. Setelah melakukan dua langkah tersebut kalian sudah berhasil membongkar rubik 4x4 dan kalian dapat melanjutkan dengan membersihkan rubik tersebut.

Cara Memasang Rubik's Cube 4x4x4




Tidak semudah membongkar namun tidak juga sesulit yang kita bayangkan, menyusun rubik 4x4 harus disertai kesabaran yang ekstra karena kecilnya bagian dalam rubik tersebut. Bahkan ada beberapa cuber yang tidak berani membongkar rubik satu ini karena takut tidak bisa menyusunnya kembali.

Tapi jangan khawatir karena ada cara mudah untuk mengatasi hal yang kalian takuti tersebut, simak sampai habis artikel ini.

1. Kelompokan Setiap Piece


Hal sekecil ini ternyata sangat membantu kalian dalam menyusun rubik 4x4 terasa lebih mudah karena kita dengan menyusunnya berdasarkan jenis dan warna tidak akan membuat kita bingung ketika mencari piece yang harus dipasang.

Selain itu juga mengkelompokan piece juga meminimalisir hilangnya bagian rubik sekaligus membuat meja kerja kita lebih rapih dan enak dilihat.

2. Memasang Core


Pertama kali yang kita lakukan adalah menyusun bagian core dengan bagian dalam center rubik menggunakan skrup, spring dan ring yang ada. Pastikan tidak ada bagian yang tertinggal maupun hilang.

TIPS

Saat memasang core sebaiknya kalian kencangkan secara maksimal skrupnya menggunakan obeng, supaya saat memasang inner piece akan sangat jauh lebih mudah.

3. Memasang Inner Piece Seperti Cross


Jika sudah saatnya memasang inner piece secara bertahap, pertama pasanglah inner piece seperti gambar diatas.

Setelah selesai maka kita sudah mendapatkan satu bagian inner piece yang sudah terpasang, selanjutnya lakukan hal yang sama pada sisi berlawanan.

Lakukan hal yang sama pada bagian sebelahya hingga akhirnya kita mendapatkan empat bagian inner piece layaknya sebuah cross pada rubik 3x3.

TIPS

Apabila saat kita sudah memaksimalkan skrup dengan obeng namun masih terasa sulit saat memasang inner piece maka cobalah cara yang satu ini, yaitu menggunakan alat bantu lakban ataupun selotip.

Sebelumnya saya ingin memberitahu untuk menggunakan lakban transparan saja atau selotip kertas, jangan gunakan lakban hitam ataupun lem lainnya yang sifatnya membekas saat dilepaskan nanti.

Pastikan juga inner piece terbebas dari lube supaya dapat memaksimalkan pemakaian lakban yang gunanya memberikan sedikit penahan.

Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, potong lakban secukupnya lalu pasang inner piece pertama sebisanya. Jika sudah rekatkan secara menyeluruh inner piece (termasuk bagian center) dengan lakban supaya tidak lepas lagi.

Pasang inner piece selanjutnya yang berada berseberangan dengan yang sebelumnya, apabila sudah terpasang langsung rekatkan dengan lakban yang tersisa. Jadi saat kalian memotong lakban pada tahap pertama, pastikan ukurannya tidak terlalu pendek.


Lakukan hal yang sama pada ke-empat inner piece seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dan jika sudah terpasang semuanya kalian bisa melepas lakbannya secara perlahan dan hati-hati.

4. Menyusun Lapis Pertama


Untuk menyusun lapis pertama kita akan memasang empat center terlebih dahulu agar memudahkan kita memasang bagian lainnya. Berhati-hatilah saat memasangnya jangan sampai membuat inner piece yang sudah membentuk cross jadi hancur kembali.


Selanjutnya kita akan memasang empat pasang edge piece terlebih dahulu, apabila kalian menggunakan rubik magnetik maka sangat membantu karena membuat inner tidak mudah lepas.

Pasanglah empat corner piece dan pastikan juga memasangnya dengan benar karena kalau tidak maka sisinya tidak datar akibat corner yang tidak pas. Jika sudah maka kita sudah menyusun satu lapisan pada rubik 4x4.

5. Menyusun Lapis Kedua


Siapkan empat edge piece dan empat pasang bagian center piece pada setiap sisinya.


Untuk lebih mudah menyusun lapis kedua maka sebaiknya kalian memasang empat pasang bagian center pada setiap sisi terlebih dahulu dilanjutkan dengan bagian edge.

6. Memasang Inner Piece Bagian Tengah

Jangan lupa untuk memasang inner piece bagian tengah yang terdiri dari empat inner berukuran besar dan delapan inner berukuran kecil.


Untuk lebih mudah memasangnya kalian bisa padang empat bagian inner berukuran besar terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan inner berukuran kecil.

TIPS
Ingat pada tahap pertama saat kita memaksimalkan skrup menggunakan obeng, karena kita sudah sampai melewati tahap menyusun lapis kedua kita dapat mengendurkan skrup pada setiap rubik untuk memudahkan kita memasang bagian lainnya.

7. Menyusun Lapis Ketiga



Siapkan empat pasang center dan empat bagian edge piece untuk lapisan ketiga.


Cara memasangnya juga sama seperti saat kita memasang bagian lapisan kedua dimana kita memasang bagian center terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan bagian edge.

8. Memasang Empat Inner Kecil



Ada beberapa cuber yang tidak melakukan cara ini namun saya pribadi lebih suka menggunakannya karena lebih mudah. Jadi kita siapkan empat inner berukuran kecil lalu kita pasang pada bagian center.

Jika kalian perhatikan akan terdapat slot yang disediakan untuk inner saat kita sudah menyelesaikan bagian lapis ketiga lalu isilah slot tersebut.

9. Menyusun Lapisan Keempat



Siapkan terlebih dahulu satu inner kecil, satu inner besar dan satu pasang edge piece untuk kita pasang pertama kali. Lalu pasanglah inner terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan memasang edge yang sudah disiapkan.


Selanjutnya siapkan hal yang sama seperti sebelumnya namun ditambah dengan satu corner piece dan pasang corner terlebih dahulu setelah itu dilanjutkan dengan inner piece dan edge.


Untuk yang ketiga kita lakukan hal yang sama dengan cara sebelumnya kemudian dilanjutkan dengan memasang dua bagian center.


Pasang dua corner terakhir, karena apabila kita memasang bagian inner terlebih dahulu terkadang corner tidak bisa masuk atau sulit dipasang. Namun ada beberapa rubik yang bagian cornernya bisa dipasang terakhir kali.


Penyelesaiannya kita pasang bagian inner piece terlebih dahulu dilanjutkan dengan dua bagian center terakhir dan diakhiri dengan dua edge piece terakhir. Setelah itu rubik sudah siap ditension dan bisa langsung dimainkan.


Mungkin itu saja pembahasan pada kesempatan kali ini, jika kalian bingung bisa kalian tanyakan di kolom komentar.


* * *   instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

1 Komentar