Inilah 7 Alasan Kenapa Kompetisi Rubik Online Tidak Lebih Baik Dibandingkan Kompetisi Resmi WCA

Hallo Cuber! Berjumpa lagi bersama saya di sini dan pada kesempatan kali ini saya akan kembali membahas topik yang sedang hangat di dunia cubing, yaitu kompetisi online.
lomba rubik online

Jika kemarin saya membahas secara singkat tentang kelebihan dan kekurangan kompetisi online, namun saya baru menyadari bahwa ada beberapa poin yang tidak saya bahas. Jadi berikut ini adalah 7 kekurangan kompetisi rubik online.

1. Akses Yang Mudah

Mungkin akses yang sangat mudah membuat kita merasa jauh lebih menguntungkan karena praktis tanpa harus bepergian ke venue tempat kompetisi itu berlangsung.
kemudahan dan kepraktisan lomba]

Namun karena akses yang terlalu mudah inilah terdapat celah untuk melakukan kecurangan, misalnya menggunakan identitas palsu, memanipulasi catatan waktu dan mencoba scramble lebih dari satu kali.

2. Kurang Menantang

Biasanya disaat mengikuti kompetisi kita sembari melatih rasa gugup, grogi dan rasa percaya diri karena dilihat oleh kompetitor lain maupun penonton. 
orang bermain komputer
Namun lain halnya dengan kompetisi online dimana kita tidak akan merasakan hal diatas karena kita hanya melakukan solving seperti biasa di rumah.


3. Tidak Adanya Aturan Penggunaan Timer


Kemarin sudah saya bahas secara singkat bahwa tidak adil membandingkan catatan waktu menggunakan timer pc maupun smartphone dengan menggunakan timer fisik.

Cubing timer
Hal ini disebabkan cara penggunaannya, dimana timer fisik diharuskan meletakan kedua tangan pada sensor yang tersedia. Sedangkan timer pc maupun android dapat hanya menggunakan satu tangan saja dengan tangan lainnya bersiap memegang rubik. Hal ini juga berlaku pada saat memberhentikan timer ketika selesai solving.

4. Hanya Tersedia Satu Ronde

round
Kompetisi online biasanya hanya memberikan satu ronde setiap event yang diadakan, berbeda dengan kompetisi rubik official yang biasanya beberapa event terdiri dari dua hingga tiga ronde.

5. Tidak Adanya Judge

Jika pada kompetisi resmi kita diawasi oleh seorang juri untuk memastikan kita tidak melakukan kecurangan maupun tidak mendapatkan penalti atas kesalahan yang terjadi. 
DNF DNS
Lain halnya dengan kompetisi online, dimana tidak adanya judge yang mengawasi sehingga tidak ada jaminan kalau peserta tidak melanggar aturan.

6. Tidak Mendapatkan WCA ID

WCA ID
Seperti yang saya katakan kemarin kalau kita tidak akan mendapatkan WCA ID apabila mengikuti kompetisi rubik online, lain halnya dengan mengikuti kompetisi resmi WCA.

7. Tidak Ada Batasan Kompetitor

maximum competitors
Tidak ada limit atau batas yang diberikan oleh organizer kompetisi rubik online, jadi kita bisa saja bersaing dengan puluhan hingga ratusan orang.

Mungkin itu saja pembahasan kita pada kali ini dan disini saya sedikit menegaskan bahwa saya tidak melarang maupun menjelekan kompetisi rubik online, karena saya sendiri juga membuat kompetisi rubik online. Jadi lebih tepatnya saya hanya membandingkannya saja dengan kompetisi rubik resmi WCA.

* * * instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

0 Komentar