Sobat Rubik, Lakukan 5 Hal Ini untuk Bantu Menghentikan Penyebaran COVID-19


Sejak wabah COVID-19 resmi diumumkan sebagai pandemi oleh World Health Organization pada awal Maret silam, banyak hal-hal krusial yang dapat kita pelajari, di antaranya mengenai kebersihan, kesehatan, dan interaksi sosial. Di tengah komunitas speedcubing tentu hal ini juga akan menjadi suatu pelajaran berharga. Sebab kita sama-sama mengetahui bahwa speedcubing melibatkan interaksi banyak orang terutama saat gathering dan lomba.

Sebagaimana dilaporkan pertama kali akhir tahun 2019 yang lalu, SARS-CoV-2 merebak di Wuhan, Hubei, Tingkok. Oleh sebab itu, Tiongkok merupakan negara pertama yang terdaftar di WCA yang membatalkan seluruh kegiatan speedcubing di negara tirai bambu tersebut. Bahkan hingga sekarang belum ada keputusan resmi dari Cubing China terkait kompetisi di masa mendatang jika wabah telah mereda.

Apa saja hal-hal yang dapat kita lakukan untuk setidaknya menekan penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia?

1. Cuci tangan lebih sering

Gunakan sabun dan air mengalir sekurang-kurangnya selama 20 detik. Hand sanitizer dengan kandungan alkohol lebih dari 60% hanyalah alternatif di kala sibuk.

2. Bersihkan benda di sekitar

Tak terkecuali Rubik's Cube yang kamu punya, termasuk meja serta alas yang biasa kamu pakai ketika latihan atau bermain. Gunakan disinfektan atau cairan alkohol untuk membersihkannya.

3. Jaga etika kebersihan

Jangan terlalu sering memegang wajah saat tangan belum dicuci. Gunakan siku saat batuk atau bersin. Pakailah masker di luar rumah, terutama saat kamu merasa sakit.

4. Jaga jarak

Cara paling efektif untuk menyetop penyebaran wabah COVID-19 ialah menjaga jarak saat berinteraksi dengan siapa pun, termasuk keluarga, pasangan, maupun teman. Physical distancing dengan jarak 1,5 meter hingga 2 meter terbilang aman.

5. Tetap di rumah

Belajar, bekerja, beribadah, dan bermain di rumah.

Catatan

SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 menular melalui droplet, yaitu percikan yang keluar dari mulut. Percikan ini dapat menyebar jika tersentuh tangan, menempel di benda-benda sekitar pengidap positif, atau bahkan masuk ke area mata.

Mari kita jaga kebersihan dan kesehatan, mulai dari diri sendiri, keluarga, serta orang-orang di sekitar kita!

Posting Komentar

0 Komentar