Mengenal Lars Petrus, Speedcuber Veteran dari Swedia

Lars Petrus adalah speedcuber asal LuleƄ, Swedia yang saat ini tinggal di Mountain View, California (Bay Area). Dia terkenal karena menciptakan Metode Petrus untuk 3x3 speedsolving dan untuk prestasi serta inovasinya di bidang Fewest Moves.

Lars Petrus Method landscape photo

Penemu Metode Petrus

petrus method exaple solving

Lars menemukan metodenya di awal tahun 1980-an, pada saat hampir semua orang menggunakan metode lapis demi lapis dasar atau sudut pertama.

Metodenya sangat intuitif dan didasarkan pada membangun di sudut, sehingga memiliki sebanyak mungkin sisi bebas untuk sebagian besar penyelesaiannya. Karena pendekatan ini bisa sangat efisien, itu sangat populer untuk pemecahan Fewest Moves.

Partisipasi dan pencapaian di kompetisi resmi

Lars memenangkan kejuaraan Swedia 1981 dengan menggunakan metodenya, dan dengan demikian menjadi perwakilan Swedia untuk Kejuaraan Kubus Rubik Dunia 1982, yang mana ia berhasil meraih peringkat ke-4 dengan waktu terbaik 24,57. Catatan waktu terbaik Lars saat ini dalam kompetisi resmi ialah adalah single 16,64 detik dan rata-rata 20,48 detik.


Lars memenangkan 3x3 Fewest Moves di Kejuaraan Dunia 2005 dengan solusi 38 langkah, menjadikannya Juara Dunia antara 2005 dan 2007. Lars juga memecahkan rekor 3x3 One-Handed Eropa beberapa kali pada tahun 2004 dan 2005.

Total ada tujuh rekor Eropa dan tiga rekor nasional yang pernah dipecahkannya.

Fakta-fakta unik

  • Lars menamai banyak algoritma terkenal, termasuk Sune, Niklas, Bruno, dan Benny.
  • Sebuah film dibuat berdasarkan mimpi yang dimiliki Lars pada 2010 dan diposting sebagai status Facebook-nya.

* * * 

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

0 Komentar