Skip to main content

Bukan Cuma Rubik 3x3x3! Robot Ini Juga Mampu Menyelesaikan Rubik 9x9x9

Biasanya robot rubik yang diciptakan tujuannya untuk menyelesaikan rubik's cube 3x3x3 dengan waktu secepat mungkin dan gerakan seefisien mungkin. Namun berbeda dengan MultiCuber 999 yang dibuat oleh David Gilday.

MultiCuber 999 adalah Robot yang mampu menyelesaikan rubik's cube 9x9x9

Pada tanggal 15 Maret 2014 lalu, David berhasil mencatatkan rekor dunia atas robot yang mampu menyelesaikan rubik dengan ordo paling banyak. Robot tersebut dinamakan MultiCuber 999 yang mampu menyelesaikan rubik's cube 9x9x9 dalam waktu 34:25.89 menit.

Baca Juga : Mosaic Rubik Terbesar di Dunia

Mungkin terbilang cukup lama karena biasanya robot diciptakan untuk melampaui kemampuan manusia. Karena pada tahun 2015, Max Park berhasil menyelesaikan rubik's cube 9x9x9 dalam waktu 13 menit saja. Namun dibalik itu semua, robot ini tetaplah sangat hebat karena tercatat dalam Guinness World Record.
 
 Pembuat robot MultiCuber 999 yang tercatat dalam rekor dunia

Dalam menyelesaikan rubiknya, robot ini akan disambungkan pada android dan digunakan aplikasi khusus untuk mencocokan warna pada rubiknya serta mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan rubik tersebut.

Berikut ini merupakan video yang diunggah mengenai robot MultiCuber 999 dalam menyelesaikan rubik's cube 9x9x9.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->