Apa Itu Rubik's DIY?

Hasil gambar untuk daerah istimewa yogyakarta?
Berbicara tentang DIY mungkin yang terbesit di pikiran kalian adalah Peta di atas ya sob? sebenarnya, tetapi sejatinya DIY adalah Do It Your Self, nah dalam dunia rubik terutama di tahun2 awal kepopulerannya di indonesia, brand untuk Cube tidak seperti sekarang, penamaannya tidak sesimpel sekarang sob.

Karena belum merebaknya brand brand yang membuat inovasi terhadap Rubik's Cube, maka banyak cuber yang masih menggunakan Rubik's Original yang mungkin jika kalian memakainya di jaman sekarang akan berkata kasar :v.

Hasil gambar untuk rubik's original
Ini adalah Rubik's Original

Kemudian muncullah Rubik's DIY yaitu versi yang lebih baik dari Seri pendahulunya, kelebihan Rubik's DIY adalah, adanya screw pada center piecenya, sehingga cuber dapat mengatur kekencangan dari cube itu sendiri.

Di paket penjualannya juga ada yang sudah di rakit dan ada yang belum di rakit, pengalaman merakitnya menjadi sensasi tersendiri bagi cuber pada masa itu. Apalagi sekarang brand ini cukup sulit di temukan di indonesia karena sudah menjadi barang yang langka.

3x3x3 Cube DIY
Tipe A (II) dan Tipe A (III)

Ini merupakan versi bajakan dari original Rubik's Cube, Jenis dari cube ini seperti DIY TYPE A sampai F, mungkin cube jenis ini sudah tidak di jual lagi di toko online sob, dan jika kalian ingin melihatnya kalian mungkin bisa sowan ke sesepuh cuber indonesia yang banyak memiliki cube ini (kalo masih ada sih).

Secara Feel, Cube DIY ini memiliki cutting corner yang lebih baik dari original Rubik's DIY. Sayangnya penulis tidak bisa memberikan review untuk cube cube jadul ini, jika kalian ingin sekedar menambah wawasan, kalian bisa klik link ini untuk mengetahuinya.

DIY Jaman Now

Nah, di jaman sekarang ini, semua cube baik yang murah atau yang paling mahal sudah mengadaptasi DIY cube pendahulunya, bahkan kata Master Abel Brata, YJ Guanlong masih lebih enak dari Cube DIY jama dulu. Jadi bisa di bayangkan kan bagaimana hebatnya sesepuh sesepuh cuber kita yang memperoleh waktu cepat dengan cube semacam itu :v.

Jika kalian bingung mencari rubik di bawah harga 100 ribuan kalian bisa cek link di bawah,
Baca Juga :Ini Dia 5 Rubik Terbaik Di Bawah 100 Ribu
Sekian Artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kalian di dunia cubing, jika ada kekeliruan mohon koreksi di kolom komentar, terimakasih. 

Posting Komentar

0 Komentar