Tips Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3 Di Bawah 30 Detik

Halo sob, kembali lagi di rubik.id setelah sebelumnya penulis share tentang Cara Menyelesaikan Rubik Di Bawah 60 Detik , kali ini penulis akan sharing untuk tahap yang lebih advanced lagi.

Untuk menjadi sub30 Speedcuber, kalian harus sudah bisa menyelesaikan rubik di bawah 60 detik sob (yaiyalah), jadi buat kalian yang baru membeli rubik dan baru mau belajar, sebaiknya pelajari dengan perlahan ya sob.

Yang sudah kalian ketahui kalo metode yang umum di gunakan adalah metode CFOP yaitu menyelesaikan Cross - F2L - OLL - PLL. Sayangnya untuk algoritma OLL sendiri berjumlah sekitar 51 algoritma dan PLL berjumlah 24. Untuk pemula mungkin akan terasa sangat berat dengan hanya melihat jumlahnya, tapi ada acara yang lebih mudah yang bisa kalian terapkan jika ingin bisa menyelesaikan rubik di bawah 30detik. cekidot:

1. Inspeksi Dengan Baik Sebelum Solving
Tahap Inspeksi ini tidak boleh di remehkan ya sob, karena pada tahap ini speedcuber di haruskan untuk mencari langkah pertama yang harus mereka perbuat pada saat timer sudah berjalan.

Biasanya di tahap ini speedcuber mencari posisi edge yang akan di jadikan Cross, nah jika kalian pemula yang masih kesulitan membuat cross dengan cepat kalian perlu mendalami tahap ini sob.

2. Optimasi Setiap Step
   a. Cross (4 detik)
Setelah waktu berjalan, langkah pertama adalah membuat cross. Belajarlah untuk membuat cross sesingkat mungkin, Usahakan jangan sampai melewati 5 detik ya sob.
 
  b. F2L (14 detik)
Tahap F2L mungkin jadi tahap yang paling memakan waktu, ini di karenakan butuh pemahaman intuitif, tapi jika kalian masih kesulitan, kalian bisa menyelesaikannya layer by layer, untuk kemudian di tingkatkan menjadi F2L yang sempurna. Pelan pelan ya sob.
  c. 2 Look OLL ( 5 detik )
Berikut adalah 2 Look OLL, penulis sarankan sih kalian bisa hafal dan mempraktekan semua 2 Look OLL berikut jika kalian ingin bisa menyelesaikan rubik di bawah 30 detik
Hasil gambar untuk 2 look oll
   d. 2 LOOK PLL (5detik)
Nah ini juga wajib hafal juga ya sob, supaya ketika kalian berada pada kondisinya, kalian tidak bingung lagi memakai algoritma yang mana. Jika kalian bingung dengan gambar gambar di bawah, kalian bisa search aja di yutub tentang 2 look pll
Hasil gambar untuk 2 look pll

3. Look Ahead
Jika kalian sudah hafal 2 Look Oll dan 2 Look PLL, tapi kalian mainnya sering terhenti di setiap step, maka itu akan memakan waktu juga sob, kalian harus mendalami juga tentang look ahead ini.

Tips yang sering di share mengenai look ahead adalah slow down and look ahead , kalian bisa klik link ini untuk mencari tau tentang look ahead ya sob.

4. Perbanyak Latihan
Kecepatan dalam bermain rubik tidak akan di gapai tanpa adanya Latihan ya sob, terimakasih see you later


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mekasih bang.gw sekarang ini mau hafal 2 look oll sama 2 look pll.Gw doain bang ya

    BalasHapus