World Cube Association, Asosiasi yang Menaungi Speedcubing Dunia


Halo pembaca setia! Pasti dari kemarin ada yang penasaran 'kan apa itu World Cube Association setelah baca-baca artikel sebelumnya? Nah, di artikel ini bakal dijelaskan secara detil tentang World Cube Association.

1. Apa itu World Cube Association?

World Cube Association (WCA), atau Asosiasi Rubik Dunia jika diartikan ke Bahasa Indonesia, adalah sebuah organisasi atau asosiasi non-profit yang menaungi speedcubing di seluruh dunia. WCA mengatur dan membuat kompetisi untuk beberapa twisty puzzle (atau "Rubik") yang resmi dipilih WCA untuk dilombakan, yaitu 3x3x3, 2x2x2, 4x4x4, 5x5x5, 6x6x6, 7x7x7, Pyraminx, Megaminx, Skewb, Clock, dan Square-1. Untuk penjelasan masing-masing rubik dapat dilihat di artikel ini. Daftar Rubik yang dilombakan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu atas pertimbangan WCA.



Sampai saat ini, sudah terdapat lebih dari 6 ribu kompetisi di lebih dari 90 negara yang resmi diadakan di bawah nama WCA. Di antara 6 ribu kompetisi tersebut, WCA membuat kompetisi terbesar di dunia setiap dua tahunnya, dengan nama World Championship! Di tahun ini, World Championship 2019 telah diadakan di Melbourne, Australia.

WCA juga menyimpan semua rekor masing-masing orang yang pernah mengikuti kompetisi resmi WCA, sehingga kamu dapat melihat daftar orang-orang yang pernah memecahkan rekor dunia di masing-masing cabang, seperti Feliks Zemdegs dan Max Park. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat di link ini.

2. Siapa sih yang membuat dan menjalankan WCA?

Pada tanggal 18 Oktober 2004, WCA dibentuk dan diinisiasi oleh dua orang pegiat rubik, yaitu Ron van Bruchem dari Belanda, dan Tyson Mao dari Amerika Serikat. Sejak saat itu, WCA dijadikan wadah para pegiat rubik sehingga WCA dapat membuat kompetisi di seluruh penjuru dunia.

WCA dijalankan oleh orang-orang yang tertarik dan antusias dengan rubik secara sukarela. WCA dipimpin dan diawasi oleh sekelompok orang yang dinamakan WCA Board atau Dewan WCA. WCA Board ini memiliki kekuasaan tertinggi di WCA dan bertugas untuk mengawasi seluruh aktivitas yang terkait dengan WCA.

Lalu, WCA juga mempunyai sejumlah tim dan komite yang bertugas untuk menjalankan tugas terkait WCA sehari-harinya agar WCA tetap aktif. Untuk lebih lengkapnya, kamu dapat membacanya di halaman ini.

WCA mempunyai kelompok yang memiliki peran khusus untuk mengawasi kompetisi resmi WCA yang dinamakan dengan WCA Delegate. WCA Delegate bertugas untuk mengawasi seluruh aktivitas di dalam kompetisi resmi WCA dan memastikan keberjalanan kompetisi sesuai ketentuan yang dibuat oleh WCA. Di antara para Delegate, ada WCA Delegate yang berasal dari Indonesia lho, yaitu Cendy Cahyo Rahmat dan Wilson Alvis.


Nah itu dia penjelasan tentang World Cube Association. Kalau kamu butuh info lebih detil tentang WCA, silakan kunjungi Situs Resmi WCA.

Posting Komentar

0 Komentar