Revolusi Magnet Dalam Rubik 3x3x3


Halo sobat cuber, selamat datang di rubik.id, di artikel kali ini rubik.id akan share tentang revolusi magnet positioning dalam rubik 3x3x3, mungkin sekarang kalian melihat teknologi GMS dari Gan's Cube, atau yang terbaru setelah GMS yang juga diterapkan di rubik-rubik lain seperti Moyu. Gimana sih awalnya magnet ini menjadi standar baru dalam dunia speedcubing? Simak baik-baik ya.

Magnet DIY

Awal mula populernya magnet pada rubik 3x3x3 diawali dengan rekor dunia yang dipecahkan oleh Mats Valk dengan waktu 4.74s, nah pada saat itu Mats Valk menggunakan cube yang dicustom oleh cubicle.us dengan menambahkan magnet di dalam edge dan corner piecenya, jadilah Valk 3 M DIY. Setelah itu, magnet jadi populer, seller rubik di indonesia berlomba lomba menyajikan stok magnet untuk kustomisasi, dan menjadikan siapapun bisa memiliki cube bermagnet.

Magnet DIY di sini maksudnya Do It Yourself sob, pemasangannya sangat mudah, hanya memberi lem yang kuat pada magnetnya seperti yang sudah pernah penulis share di blog ini

Baca Juga "Cara Magnetin Rubik 3x3x3 Sendiri"
Meskipun DIY, tetapi model magnet seperti ini juga diterapkan oleh beberapa brand untuk cube mereka, dan menjadikannya rubik dengan akhiran M :), seperti GTS2M dan lain-lain. Itu adalah versi awal dari rubik 3x3x3 bermagnet sob.

Magnet Slot

Kelemahan dari magnet DIY adalah magnet yang mudah lepas jika rubik tak sengaja terjatuh atau terbentur, tapi bisa diatasi dengan memberinya serbuk yang digabungkan dengan lem, tapi cara ini akan menambah bobot dari rubik itu sendiri, dan penambahannya tak seimbang.

Untuk itu diberikanlah solusi dari brand itu sendiri, dengan dicipatakannya magnet slot pada rubik. Dengan adanya magnet slot, sebuah magnet tidak akan mudah lepas, bahkan tidak bisa (sudah penulis buktikan), karena slot yang ada hanya muat untuk magnet saja, jadi tidak ada rongga lebih menjadikannya kuat dan tahan goncangan :v. Tapi pengaplikasiannya tetaplah menggunakan lem sob, jadi slot yang ada hanya membantu magnetnya untuk memiliki tempat tersendiri di dalam cube.

Magnet Kapsul (Gan Magnetic System)

Setelah populernya magnet slot dalam rubik 3x3x3, Gan's Cube berinovasi dengan temuan mereka, yaitu GMS, tetapi GMS ini hanya terbatas pada produk dari Gan's Cube saja, tetapi ini menjadi inovasi yang unik, karena untuk pertama kalinya kita bisa mengganti kekuatan magnet sesuka hati melalui kapsul yang bermacam-macam.

Adjustable Magnet System

Istilah di atas terpikir sendiri sih oleh penulis :), jadi setelah GMS ada inovasi baru lagi, dan ini dalah inovasi paling mutakhir untuk sebuah cube bermagnet.

Jadi untuk meringkas atau mempersimple penggunakaan magnet pada sebuah cube, dibuatlah inovasi Adjustmen Magnet System, di mana kita dapat mengatur tingkat kekuatan magnetnya hanya dengan menggesernya saja sob, tidak seperti GMS yang memerlukan banyak kapsul.

Pada versi ini, ada 2 tingkatan yaitu kuat dan lemah, yang kuat sendiri bisa kita pakai untuk daily two handed solving, sedangkan yang lemah bisa cocok buat OH. Tapi ini tergantung preferensi pribadi, tidak ada patokan ya.

Mungkin segini dulu artikel kali ini, semoga bisa memberi pengetahuan untuk kalian sobat cuber, see you.

Posting Komentar

0 Komentar