Tips Tidak Grogi Saat Kompetisi Bagi Pemula

komunitas rubik's cube

Hai sobat cuber. Kemarin ada yang request tentang artikel ini, jadi pada artikel kali ini, rubik.id akan membahas tentang tips supaya tidak grogi saat kompetisi rubik. Berikut ini pembahasannya.

1. Pemula

Mungkin dari kalian ada yang baru atau akan ikut kompetisi, dan waktu kalian masih lambat dan kalian juga tidak ada kesempatan untuk menang kan? nah cara mengatasi grogi adalah berpikiran demikian, maka kalian tidak akan mempedulikan tentang situasi sekitar. FYI yang melihat kalian saat solving di dalam sebuah kompetisi itu cuma 1, yaitu judge atau juri yang ada di samping kalian.

2. Setup Rubik dengan baik

Rubik yang tidak optimal akan membuat masalah pada saat solving, dan masalah ini akan menimbulkan grogi saat kompetisi. Jadi jangan lupa untuk mengatur dengan setup terbaik pada rubik kalian.

3. Jangan pinjam Rubik teman

Hanya karena kalian menggunakan rubik yang katakanlah budget cube, sementara ada teman sesama kompetitor yang menggunakan rubik flagship lantas kalian enggan memakai budget cube kalian. Untuk di ketahui, karatker setup antar cuber itu berbeda. Jadi jika kalian memaksa memakai rubik teman kalian, kalian mungkin perlu mensetup ulang karena feelnya tidak sesuai dengan turning style kalian.

4. Latihan Slow Turning

Slow Turning menjadi kunci untuk tidak menimbulkan rasa grogi, karena jika grogi tentu akan berakibat tangan menjadi tidak terkontrol, jadi kalian harus latihan slow turning. Ingat ya, slow turning bukan berarti kamu slow solving. Dengan slow turning maka tangan dan jari jari kalian akan lebih tenang dalam bermain rubik dan meminimalisir terjadinya pop out dan corner twist.

5. Ikut komunitas

Manfaat ikut komunitas adalah, kita jadi bisa sering sering beradu cepat dengan teman kita, dan otomatis kita harus solving didepan banyak orang kan? sama seperti kompetisi, tetapi jika kalian jauh dari komunitas, atau di daerah tersebut cuma kalian sendiri yang main rubik, kalian bisa kok main didepan teman teman kalian yang noncuber, dengan begitu kalian akan membentuk kepercayadirian dalam bermain rubik didepan banyak orang atau di tempat umum.

6. Sering Ikut Kompetisi

Jika 5 cara diatas sudah kalian terapkan dan masih grogi, mungkin kalian harus memperbanyak jam terbang kalian dalam berkompetisi, dengan sering ikut kompetisi, kalian bisa melatih mental supaya terbiasa dengan suasana kompetisi. Kompetisi di sini bisa official atau non-official WCA.

Posting Komentar

0 Komentar