Siapa Sangka 10 Tokoh Terkenal Ini Pernah Ikut Kompetisi Speedcubing Resmi WCA

rich brian giovanni contardi jvenb andrej karpahty bram cohen

Sejak didirikan pada tahun 2004 oleh Ron van Bruchem dari Belanda dan Tyson Mao dari Amerika Serikat, World Cube Association (disingkat: WCA) telah menyelenggarakan ribuan kompetisi sehingga puluhan bahkan ratusan ribu orang kini terdaftar sebagai speedcuber. Di antara mereka ada tokoh terkenal, bahkan sebagian lainnya tidak menyangka jika mereka dapat menjadi terkenal seperti sekarang.

Penasaran siapa saja mereka? Yuk, simak tokoh-tokoh berikut.

10. René van Mullem (2004MULL01)

Van Mullem merupakan seorang pengusaha atau wirausahawan terkenal dari Belanda. Di tengah kesibukannya mengelola beberapa perusahaan, ia pernah sempat berkompetisi di European Rubik's Games Championship 2004 yang saat itu diadakan di Amsterdam, Belanda.

9. Rob Mollien (2012MOLL01)

Masih dari negeri kincir angin, terdapat seorang seniman, atau lebih tepatnya pesulap bernama Rob Mollien. Ketertarikannya terhadap Kubus warna-warni ini membuatnya tak ragu untuk berkompetisi pada tahun 2012 di dua lomba berbeda.


Dalam video di atas, Rob mengungkapkan bahwa Rubik melatih kemampuan motorik serta kerja otaknya. Kebiasaan memainkannya ternyata berimbas terhadap kreativitasnya di bidang seni.

8. Dan Knights (2003KNIG01)

Menjadi asisten profesor di Departemen Ilmu Komputer, Teknik, dan Bioteknologi di University of Minnesota tidak membuat Dan Knights serta merta ragu untuk menyalurkan hobi bermain puzzle. Salah satu jenis permainan yang ia gemari ialah Kubus Rubik. Ia aktif berkompetisi dari tahun 2003 hingga tahun 2009.

7. Bram Cohen (2009COHE01)

Bram Cohen adalah pemrogram komputer dari Amerika Serikat, ia lebih dikenal sebagai pembuat BitTorrent dan Chia Network. Selain pernah ikut berkompetisi, Bram juga hobi berkreasi membuat puzzle jenis baru yang dibuat bersama rekan-rekannya.

6. Reese Hoffa (2010HOFF02)

Michael Reese Hoffa adalah peraih medali perunggu Olimpiade Musim Panas London 2012. Selama menekuni hobi speedcubing, ia baru sekali mengikuti kompetisi.

5. Makis Papadimitriou (2013PAPA04)

Makis Papadimitriou (Μάκης Παπαδημητριου) merupakan aktor Yunani yang telah membintangi lebih dari 30 judul film. Ia tergolong aktif mengikuti kompetisi speedcubing sejak tahun 2013 hingga tahun 2019.

4. Andrej Karpathy (2008KARP01)

Lebih dikenal sebagai Badmephisto, Andrej pernah aktif berkompetisi dari tahun 2008 hingga tahun 2012. Ia lebih sering berkompetisi di negara asalnya, yaitu Kanada. Saat ini, ia lebih aktif di Twitter di tengah kesibukannya sebagai direktur artificial intelligence and Autopilot Vision di perusahaan kendaraan listrik Tesla.

3. Giovanni Contardi (2009CONT01)

Giovanni Contardi menahbiskan dirinya sebagai Rubik Artist atau seniman Rubik. Ia rutin membuat seni Kubus Rubik yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu gambar, biasanya tokoh atau karakter fiksi. Karyanya tidak hanya dapat dilihat di akun Instagram-nya @jvenb, akan tetapi juga di beberapa galeri seni, museum, dan rumah.


Sebagai speedcuber, Giovanni pernah memecahkan 3 rekor dunia dan 9 rekor Eropa. Saat ini ia masih memegang dua rekor nasional, yaitu 3x3x3 One-Handed single dan 4x4x4 average,

2. Andrea Muzii (2017MUZI01)

Juara IAM World Memory Champion 2019 ini pertama kali mengikuti kompetisi resmi di tahun yang sama ketika ia mempelajari teknik mengingat cepat (memory sport/mnemonic). Kemampuan daya ingatnya meningkat pesat sehingga sampai saat ini Andrea telah menyabet belasan gelar juara, 7 rekor dunia, dan mengukuhkan diri di peringkat 1 dunia.


Meskipun sama-sama berasal dari Italia, Andrea berbeda kota dengan Giovanni, tepatnya di Roma.

1. Brian Imanuel Soewarno (2010IMAN01)

Pecinta musik hip-hop tentu tidak asing dengan nama ini: Brian Imanuel alias Rich Brian. Penyanyi kelahiran 3 September 1999 itu sempat aktif berkomunitas di Jakarta Rubik's Cube Club dan pernah ikut di dua kompetisi resmi Jakarta Open 2010 dan Jakarta Ceria Open 2010.


Melihat nama-nama yang telah disebutkan di atas, apakah kalian berpikir jika suatu saat nanti teman, kerabat, atau bahkan dirimu sendiri akan menjadi orang yang terkenal? Tentunya komunitas speedcubing akan senantiasa menjadi kenangan seumur hidup.

Posting Komentar

0 Komentar