Ini Alasan Magnet di Dalam Rubik Dapat Meningkatkan Kecepatan Solving

magnet dipasang di dalam rubik untuk apa
Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa rangkaian magnet dipasang di dalam sebuah Kubus Rubik (Rubik's Cube)? Apakah memang ia dipasang untuk mempermudah pergerakan rubik itu sendiri atau ada maksud tertentu dalam pemasangannya?

Untuk menjawab rasa penasaranmu, mari kita cari tahu alasan rangkaian magnet terpasang dalam sebuah rubik.

Sejarah awal rubik dipasangi magnet

Beberapa tahun sebelum rubik bermagnet diperbolehkan oleh World Cube Association untuk kompetisi, tren ini masih jarang ditemui. Hanya ada beberapa kanal YouTube yang membahasnya dan memaparkan panduan cara pemasangannya.

Hingga saat ini hampir semua merek cube di dunia, seperti GAN, MoYu, QiYi, DaYan, dan Yuxin telah menyediakan rubik bermagnet dengan penyesuaian kekuatan daya tarik-menarik dan bobotnya.

Manfaat pemasangan magnet dalam rubik

1. Meningkatkan stabilitas yang signifikan di atas kubus non magnetik

Jika kamu pernah mencobanya, rubik non magnet terasa sangat tidak stabil dan cenderung tidak nyaman jika dimainkan berkali-kali. Pemasangan magnet ke dalam rubik dapat meningkatkan kestabilan rubik sehingga lebih nyaman digunakan.


2. Menyelaraskan cube sehingga mengurangi kelebihan atau kekurangan rotasi

Momen 'terpeleset' saat menyelesaikan rubik tentu sangat tidak disukai oleh para speedcuber, apalagi ketika hampir meraih personal best atau catatan waktu pribadi terbaik. Magnet di dalam rubik sangat memanjakan para penggunanya bahkan apabila didengarkan dengan seksama akan timbul suara klik saat antar sisi rubik menempel.

3. Menyesuaikan bobot rubik

Satu lagi perbedaan mendasar antara rubik tanpa magnet dengan yang bermagnet ialah berat masing-masing. Rubik dengan magnet memang akan lebih berat terutama jika yang dipasang adalah magnet di atas light. Peningkatan bobot ini tentu meningkatkan kenyamanan pemakainya karena terasa lebih ideal di tangan.

4. Mengurangi rasa khawatir terkena penalti saat kompetisi

Dalam kompetisi resmi WCA, peserta harus memahami potensi penalti +2 detik apabila cube yang diselesaikan ternyata masih bergeser lebih dari 45 derajat. Dengan keberadaan magnet di dalam rubik yang dipakai, peserta tentu akan lebih merasa tenang sehingga lebih fokus kepada kecepatan dan ketepatan saat menekan timer.

* * *   

instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

0 Komentar