Inilah Orang-Orang Indonesia Peraih Medali Kejuaraan Rubik Dunia Sepanjang Sejarah

juara indonesia peraih medali di ajang kejuaraan dunia rubik internasional
Selain memecahkan rekor dunia, pencapaian tertinggi seorang speedcuber atau atlet rubik ialah medali Kejuaraan Dunia, baik itu medali emas, perak, atau perunggu. Sejak diadakan pertama kali pada tahun 1982, Kejuaraan Dunia memang selalu dinanti-nanti oleh speedcuber dari berbagai penjuru bumi karena atmosfernya yang berbeda dan total hadiahnya yang cukup besar.

Sama halnya dengan Kejuaraan Benua, Kejuaraan Dunia dilaksanakan setiap dua tahun sekali, tepatnya di tahun ganjil (sejak tahun 2002). Benua yang pernah menjadi tuan rumah antara lain Asia (Bangkok), Amerika Selatan (Rio), Amerika Utara (Las Vegas), Eropa (Budapest, Paris, London), dan Australia (Melbourne).

Namun, tahukah kamu bahwa atlet asal Indonesia juga pernah menaiki podium Kejuaraan Dunia bahkan di tengah persaingan yang sangat ketat? Berikut ini daftar nama dan pencapaian mereka masing-masing.

4. Renhard Julindra


Cuber asal Jakarta ini memiliki spesialisasi menyelesaikan menggunakan kaki (with feet). Ia pernah memecahkan 1 rekor Asia dan 7 rekor Nasional. Di World Rubik's Cube Championship 2011, ia berhasil mendapatkan 1 medali perunggu di cabang with feet dengan catatan waktu rata-rata 47.59 detik.

3. Muhammad Iril Khairul Anam

Iril, begitu ia sering disapa oleh teman-teman komunitas Jakarta, sangat mahir menyelesaikan rubik dengan mata tertutup (blindfolded). Ia langganan memecahkan rekor-rekor nasional, bahkan pernah memecahkan rekor Asia serta rekor Dunia!

Pencapaian tersebarnya tentu ialah saat berhasil meraih 2 medali di Kejuaraan Rubik Dunia 2011 untuk cabang 3x3x3 Blindfolded dengan waktu tercepat ketiga 36.71 detik sedangkan untuk cabang 5x5x5 Blindfolded dengan waktu tercepat kedua 18.04.01 detik.

2. Aldo Feandri

Aldo merupakan bagian dari rombongan tim Indonesia di Kejuaraan Dunia 2011, dan memiliki spesialisasi di cabang blindfolded sama seperti Iril. Ia adalah orang Indonesia pertama yang mampu merebut medali emas di Kejuaraan Dunia. Catatan tersebut diraihnya di cabang 4x4x4 Blindfolded dengan waktu tercepat 5:52.50 detik.

1. Firstian Fushada

Firstian mengawali karier speedcubing-nya sejak tahun 2015, dan hingga kini masih aktif berkompetisi di dalam maupun luar negeri.

Cuber asal Medan, Sumatera Utara tersebut berhasil meraih 1 medali emas di WCA World Championship 2019 cabang Fewest Moves-berbagi podium dengan Christoper Chi asal Amerika Serikat dengan waktu rata-rata 25.33 detik.

Dua tahun sebelumnya di World Rubik's Cube Championship 2017, Firstian berhasil meraih 1 medali perak di cabang Square-1 dengan waktu rata-rata 10.16 detik, tertinggal 0,11 detik dari Jayden McNeill asal Australia.


* * *
 
instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

0 Komentar