Apa Itu Western, Japanese, dan Indonesian Color Scheme? Mengenal Skema dan Urutan Warna Stiker Rubik


color scheme on rubik's cube skema warna
Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa setiap sisi rubik siberi warna, atau lebih tepatnya ditempeli stiker berwarna? Kenapa pula urutan warnanya mesti identik dan berbeda di setiap sisinya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, mari mengenal skema dan urutan warna yang terdapat di dalam sebuah Kubus Rubik, baik stickered maupun stickerless.

Apa itu color scheme rubik?

Definisi Color atau colour scheme adalah skema pewarnaan setiap sisi Kubus Rubik untuk membedakan antara satu sisi dengan sisi yang lainnya. Keunikan warna setiap sisi akan mempermudah sekaligus mengukuhkan tujuan utama seseorang untuk menyelesaikan rubik hingga utuh seperti keadaan semula.
koleksi kubus rubik

Ernõ Rubik dalam sebuah kesempatan pernah menyatakan:
"Jika kubus tidak diwarnai tidak akan ada tujuan, tidak akan ada yang bisa diselesaikan. Dengan menggunakan warna kita dapat menentukan target yang harus kita capai. Saya sedang mencari cara paling sederhana untuk menandai keadaan yang diselesaikan. Saya pilih enam warna ini (sebenarnya 5 warna asli karena kami tidak benar-benar menyebut warna putih) karena semuanya adalah warna dasar dan tidak perlu dijelaskan. Semua orang tahu merah, biru, kuning, hijau, oranye, dan putih."

Jenis-jenis color scheme di dunia

  • Western color scheme

Skema warna Barat berasal dari Hongaria, tempat rubik pertama kali dibuat di dunia. Ukuran warna inilah yang paling banyak digunakan oleh mayoritas orang.
western commonly used color scheme of rubik's cube

Western color scheme dikenal sebagai Blue-Orange-Yellow (disingkat: BOY). Seseorang yang menyelesaikan rubik berskema ini biasanya memulai cross dari warna putih dan selesai dengan warna kuning.

Apabila seseorang yang menyelesaikannya adalah color neutral, ia bisa memulai dari sisi warna apa pun.

  • Japanese color scheme

Skema warna Jepang berasal dari negeri sakura. Skema ini pertama kali dipopulerkan oleh Shotaro Makisumi sejak tahun 2003 dan masih banyak digunakan oleh speedcuber senegaranya.
japanese color scheme of rubik's cube

Japanese color scheme dikenal juga kebalikan dari Western, yiatu Yellow-Orange-Blue (disingkat: YOB). Pengguna rubik dengan skema warna ini biasanya memulai cross dari warna biru dan selesai dengan warna putih.

  • Indonesian color scheme

Indonesia juga memiliki skema warna unik sendiri, pertama kali digagas oleh Wicaksono Adi di forum rubikku.ning.com.

Dalam skema warna Indonesia, merah berseberangan dengan putih, jingga berseberangan dengan kuning, hijau berseberangan dengan biru.


indonesia color scheme of rubik's cube

Peraturan WCA terkait skema warna rubik

Regulasi World Cube Association tidak mewajibkan skema warna tertentu yang harus digunakan oleh peserta pada lomba rubik resmi. Peraturan nomor 3a3 menetapkan bahwa teka-teki polihedral harus menggunakan skema warna dengan satu warna unik di setiap sisi hingga berhasil terpecahkan dalam kondisi semula.

* * *   

instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

0 Komentar