Konvensi Kubus Rubik: Ide Brilian Tingkatkan Popularitas Speedcubing

cubing conventions speedcubing ide kompetisi acara

Selama hampir dua dekade sejak didirikan, World Cube Association telah membantu para panitia perlombaan untuk bisa mengadakan kompetisi di negara masing-masing. Sayangnya, keberadaan mereka belum mampu menaikkan popularitas kegiatan cubing atau speedcubing ke khalayak yang lebih luas. Pola kompetisi WCA sangat repetitif, kurang memanjakan penonton, dan belum menarik sponsor dan media besar untuk meliput secara masif.

Hal ini yang memunculkan diskusi di komunitas internasional bahwa cubing perlu perhatian khusus supaya lebih dikenal dan disorot oleh media. Salah satu wacana atau ide yang dicetuskan oleh Keaton Ellis adalah cubing conventions.

Apa itu cubing conventions?

Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Konvensi Kubus Rubik, yaitu sebuah wadah acara yang tidak hanya mempertandingkan atlet-atlet rubik, tetapi juga berisi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan rubik itu sendiri.

Seperti halnya konvensi pada umumnya, cubing conventions melibatkan banyak pihak termasuk sponsor, media, komunitas, bahkan otoritas pemerintahan setempat.

Apa saja jenis acara yang dapat diselenggarakan?

Demi menggaet massa peserta yang lebih banyak dibandingkan lomba rubik biasa, format konvensi tentu bisa menarik orang lebih banyak. Acara-acara yang dapat disertakan antara lain:
  • Seminar dan wawancara dengan ahli atau atlet speedcubing
  • Bincang-bincang dengan delegasi atau perwakilan WCA
  • Relay dan tim blindfolded
  • Pembuatan mosaik rubik
  • Lomba podcast atau vlog
  • Pelatihan secara privat
  • Pameran desain rubik terbaru

Konvensi bertemakan rubik pernah diadakan di Belarus

Belarus Speedcubing Federation pernah mengadakan acara dengan konsep serupa pada tahun 2019 silam. Formatnya adalah perkemahan yang di dalamnya termasuk berbagai acara edukatif dan menghibur. Meskipun hanya berlangsung selama 1 hari (menginap hanya semalam), Speedcubing Camp 2019 menuai respon positif di komunitas lokal.

Speedcubing Camp 2019 in Belarus

Menurut kalian, apakah kalian tertarik mengikuti acara dengan konsep seperti yang disebutkan di atas?
Atau kalian punya ide lainnya? Coba tulis di kolom komentar ya!

Posting Komentar

0 Komentar