Skip to main content

Begini Cara Ernő Rubik Menyelesaikan Rubik's Cube Pertama Kali

Erno Rubik and his puzzle rubik's cube collection

Asal-usul Kubus Rubik

Pada tahun 1974, Ernő Rubik adalah seorang profesor desain berusia 29 tahun yang mulai bermain-main dengan satu set balok kayu di apartemen Budapest yang ia tinggali bersama ibunya. Di beberapa wawancara, Rubik bercerita bahwa ia sedang mengerjakan model untuk murid-muridnya; menurut cerita lain, dia menghibur dirinya dengan eksperimen dalam desain struktural.

Yang pasti adalah dia mengampelas balok kayu kecil, menempelkan kertas berwarna di setiap sisinya, mengikatnya dengan tali elastis, dan mulai memelintirnya.

“Luar biasa,” tulis Rubik dalam memoar yang tidak diterbitkan yang dikutip di Majalah Discover, “untuk melihat ketika, setelah hanya beberapa putaran, warna-warna menjadi bercampur, tampaknya secara acak. Sangat memuaskan menyaksikan parade warna ini. Seperti setelah berjalan-jalan bagus ketika Anda melihat banyak pemandangan indah, Anda memutuskan untuk pulang, setelah beberapa saat saya memutuskan sudah waktunya untuk pulang, mari kita susun kembali kubusnya. Dan pada saat itulah saya berhadapan langsung dengan tantangan terbesar: bagaimana jalan kembalinya?”

Itulah cerita singkat awal mula rubik's cube ditemukan oleh pria asal Hongaria tersebut.

Awalnya, Ernő pesimis mainan rubik bisa diselesaikan

Dengan kata lain, penemu Kubus Rubik tidak tahu bagaimana cara memecahkannya. Terlebih lagi, dia tidak tahu apakah ada yang bisa. Memutar secara acak, dia menyadari, hanya akan memperlama dan tidak menyelesaikan apa-apa. Apalagi jika dihitung ada 43 trilyun kemungkinan posisi dari Cube itu; peluang untuk menyelesaikannya bisa dianggap mustahil.

Ernő membutuhkan satu bulan untuk menyelesaikan rubik pertama kali

Butuh waktu sebulan untuk memutar dan memutar ulang di kamarnya sebelum Ernő menemukan solusinya. Merasa gembira, dia meninggalkan kamar dan menunjukkan kepada ibunya.

“Saya ingat betapa bangganya saya menunjukkan [itu] kepadanya ketika saya menemukan solusi dari masalah,” tulis Rubik, “dan betapa bahagianya dia dengan harapan bahwa sejak saat itu saya tidak akan bekerja terlalu keras untuk itu.”

Ernő tidak pernah menjelaskan metode yang ia pakai untuk bisa menyelesaikan mainan puzzle yang ia buat sendiri. Hal itu masih menjadi rahasia hingga saat ini.

Hingga hari ini, ±350 juta Kubus Rubik telah terjual di seluruh dunia—dan rekor dunia menyusun rubik 3x3x3 adalah 3,47 detik. “Jika Anda penasaran, Anda akan menemukan teka-teki di sekitar Anda,” kata Rubik. "Jika Anda bertekad, Anda mampu menyelesaikannya."
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->