Bagaimana Cara Merawat Rubik Supaya Awet dan Tetap Licin

Halo teman teman! kali ini Rubik.id akan membahas bagaimana cara merawat rubik supaya terawat, tetap licin dan enak diputar. kira kira gimana ya caranya? Yuk langsung aja kita bahas!

    1. Mengecek Kondisi Rubik

Melihat kondisi rubik
Sebelum melakukan perawatan tentunya kita mesti mengecek dulu kondisi rubik kita, terutama bagian dalamnya atau bagian yang paling sering terjadi gesekan mulai dari sisi plastik bagian dalam, bagian Sekrup, Per dan juga Core rubiknya.

Kotoran dan debu ini memang jika dibiarkan akan semakin menumpuk dan mengganggu kinerja rubik kita, jika kotoran masih sedikit biasanya masih bisa ditambah pelumas agar licin kembali, tapi jika sudah menumpuk dan banyak maka efek pelumas rubik juga akan terganggu karena kotoran tersebut.

Jika kotoran sudah menumpuk dan penggunaan pelumas sudah tidak berefek pada rubik kita, sudah waktunya kamu melakukan langkah nomor 2.

    2. Membersihkan Rubik

membersihkan rubik
Membersihkan rubik adalah hal yang bisa dipastikan sangat berpengaruh dalam meningkatkan performa rubik yang sudah lama digunakan, Membersihkan rubik sangat direkomendasikan untuk melicinkan kembali rubik kamu yang miliki.

Kenapa bisa sangat berpengaruh?

Karena kotoran dan debu yang menempel dibagian permukaan dalam rubik akan menumpuk, hal ini sangat mempengaruhi gesekan yang terjadi pada bagian mekanisme rubik.

Baca Juga : Hati Hati! Ini Cara Membersihkan Rubik Yang Benar!!

Debu dan kotoran tidak hanya bisa masuk ke bagian yang berbahan plastik lho, bagian yang terbuat dari logam seperti Baut.

Jangan lupa untuk bagian yang berbahan logam jangan dicuci pakai air yah karena nanti akan cepat berkarat dan malah merusak rubik kalian. jika rubik sudah dibersihkan waktunya melakukan langkah ke 3.

    3. Lubrikasi Ulang

lubrikasi ulang
Lubrikasi atau meneteskan pelumas yang berfungsi untuk melicinkan gesekan yang terjadi pada rubik adalah hal yang sangat lazim digunakan didunia speedcubing.

Lubrikasi ulang secara keseluruhan pada rubik setelah dibersihkan sangat efektif dalam mengembalikan kelicinan rubik kalian seperti saat baru pertama dibeli.

yah efeknya terkadang tidak selalu terasa seperti baru sih, tapi intinya performa rubik kalian bisa kembali dimaksimalkan dengan melakukan Lubrikasi ulang.

Yang perlu diperhatikan adalah kamu harus tahu pelumas atau cairan yang dapat melumasi bahan plastik pada rubik, terlalu bereksperimen dengan pelumas asal asalan bisa jadi hanya akan merusak rubik kalian.

Baca juga : Jenis Jenis Pelumas Rubik Yang Direkomendasikan!


    4. Setel Tension

Tension atau tekanan sekrup yang ada di rubik juga berpengaruh terhadap kenyamanan dan kelicinan rubik tersebut, walaupun kamu sebelumnya sudah setel tension dengan tepat jika sudah lama dimainkan ada baiknya kamu menyetel ulang tensionnya juga.

Hal ini dilakukan karena biasanya tension pada rubik mulai berubah dari posisi semula, jika tension rubiknya belum pernah kamu otak atik biasanya rubik punya tension yang lumayan kencang.

Mengendorkannya sedikit bisa meningkatkan kecepatan putaran dan fleksibilitas rubik, tapi jika terlalu kendor maka rubik akan mudah copot atau pop out.

Lakukan Tension dengan teliti agar bisa seimbang di 6 sisi, penyetelan tension yang tidak seimbang bisa jadi hanya akan membuat kamu semakin tidak nyaman, cukup lakukan dengan perlahan dan ditest bobot corner cutnya di setiap sisi.

Nah itu dia 4 Tips yang dari rubik.id yang bisa kamu praktikan untuk merawat rubik kamu supaya tetap licin dan enak diputar. jika kamu punya pertanyaan yang berhubungan dengan artikel ini kamu bisa masukan di comment!

Posting Komentar

0 Komentar