Kriteria Speedcube Yang Baik Untuk Jadi Main Cube


Halo sob, kali ini penulis mau share tentang main cube, jika kalian belum tau apa itu main cube, jadi main cube atau cube utama itu seperti cube andalan kita dalam bermain rubik, baik itu 3x3x3 atau yang lainnya sob. Mungkin ada orang yang punya lebih dari 1 main cube di satu jenis cube, tapi sejatinya mereka tetap condong terhadap 1 saja. Alasanya biasanya karena mereka nyaman dengan cube tersebut, cube tersebut cocok dengan style mereka dan lain-lain.

Buat kalian cuber pemula yang masih bingung memilih sebuah speedcube untuk jadi main cube kalian, mungkin karena keterbatasan ruang, waktu dan jumlah cube yang bisa kalian coba, nah untuk menyiasatinya kalian bisa bergabung dengan komunitas rubik terdekat di kota kalian. Atau jika tidak memungkinkan kalian bisa datang ke kompetisi jika ada waktu, biasanya dan seharusnya sebuah kompetisi jadi ajang berkumpulnya para cuber dengan berbagai macam cube.

Berikut penulis bagikan berdasarkan pengalaman dari penulis sendiri dalam menentukan main cube, sebenarnya bagimana sih seharusnya sebuah main cube itu.

1. Memudahkan Look ahead
Hasil gambar untuk look ahead
Kenapa poin ini penulis masukkan di poin pertama? alasannya karena look ahead berkaitan dengan penglihatan sob, umumnya sebuah cube itu memiliki 3 varian warna yaitu blackbase, whitebase, dan stikerless. Nah ketiga varian ini berbeda2 di setiap orang, ada yang cocok whitebase, stikerless ataupun blackbase. Tapi yang sering penulis temui biasanya hanya menggunakan 2 varian berbeda yaitu blackbase dan stikerless.

2. Cocok Dengan Turning Style
Hasil gambar untuk cube turning
Apa itu Turning Style? jadi turning style yaitu style kita dalam memutar rubik, ada yang brutal ada yang santai. untuk cuber yang brutal biasanya akan susah memakai cube yang karakternya Liar atau terlalu smooth, karena akan sangat gampang terjadi overturn yang mengakibatkan kesalahan algoritma dll.

Sedangkan cuber dengan style yang santai bisa memakai kedua jenis cube tersebut baik yang liar atau yang agak berat ya sob.

3. Biasanya Magnetic :p
Hasil gambar untuk magnetic cube
Nah tidak bisa di pungkiri bahwa teknologi magnet di dalam rubik ini sudah banyak di terapkan oleh cuber, karena yang penulis rasakan sendiri yaitu magnet bisa merubah feel dari sebuah cube, khususnya untuk cube yang karakternya liar dan smooth, maka peran magnetism sangat di butuhkan.

Tapi ada juga cube yang tanpa di magnet memang sudah jinak, maka menambah magnet hanya akan membuat putarannya jadi lebih berat. Jadi sering seringlah melihat review untuk tau karakter cube sebelum kalian mencobanya.

4. Flagship
Hasil gambar untuk flagship
Ini adalah pengalaman dari penulis sendiri, ketika awal menekuni speedcube, penulis hanya memakai mf3rs, kemudian tertarik dengan brand lain dengan harga yang lebih murah, lalu pindah lagi dan lagi, ternyata mencari kecocokan di seri budget cube itu susah sob. Nah, sebelum kalian melangkah lebih jauh, sebaiknya pilihan pertama kalian jatuhkan pada flagship cube dari sebuah brand.

Poin ini optional ya sob, berdasarkan pengalaman penulis, dan sekarang main cube penulis sendiri merupakan flagship dari moyu yaitu GTS2M. Dan cube ini sudah mengantarkan penulis dari sub20 menjadi sub15.

Sedangkan performa dari budget cube sendiri tidak setahan lama cube cube flagship. jadi bisa penulis pastikan kalian tidak akan lama menggunakan budget cube sebagai main cube kalian. Percayalah :v

5. Tidak Membosankan
Hasil gambar untuk bosan
Kenapa poin seperti ini ada sob? jadi, hal ini sudah sering di alami seorang cuber, dimana mereka menggunakan satu cube, dan mereka tidak berkembang, bukan karena cubenya yang jelek, tapi otak mereka menginginkan cube yang lebih dari yang mereka punya, akhirnya mereka merasa bosan.

Tapi ketika kita melihat poin 4, sebuah flagship cube memiliki performa yang maksimal di sebuah brand tersebut. otomatis sugesti yang ada di otak kita akan mengatakan bahwa  cube ini adalah cube terbaik.

Jadi berdasarkan harga ada cube termahal, tapi untuk cube terbaik itu tergantung bagaimana kitanya sob.

Jadi bagaimana? apakah info di atas membantu buat kalian?

Posting Komentar

0 Komentar