Nusantara Speedcubing Association, Asosiasi yang Menaungi Speedcubing di Indonesia!

Halo pembaca setia. Sebelumnya sudah baca tentang World Cube Association (WCA) kan?  Nah, kali ini penulis bakal membahas tentang asosiasi terkait yang dibentuk di Indonesia, yaitu Nusantara Speedcubing Association (NSA). Tanpa basa-basi lagi, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

1. Apa itu Nusantara Speedcubing Association?

NSA adalah asosiasi regional Indonesia yang menaungi speedcubing di seluruh Indonesia. Dengan kata lain, NSA adalah WCA tingkat regional Indonesia. NSA juga merupakan wadah untuk speedcuber Indonesia untuk melakukan aktivitas atau acara besar terkait speedcubing di Indonesia. Tanpa adanya NSA, kompetisi speedcubing di Indonesia mungkin tidak bisa terorganisasi dengan baik.

NSA dibentuk sejak tahun 2009 di mana speedcubing masih menjadi hal yang baru di Indonesia. NSA mulai dibentuk ketika jumlah para antusias speedcubing di Indonesia mulai bertambah. Dengan adanya situs speedsolver.com, speedcuber di berbagai daerah dapat bersatu. Didik Danardono (DD Crow), Arif Yulian Nur (Virkill), Arnold Soeparjanto (Vertexian), Abel Brata, dan Maria Oey (Crazycubemom) adalah nama-nama yang mempelopori pembentukan NSA.


Setelah itu, DD Crow mulai mengembangkan forum sebagai wadah untuk para speedcuber di seluruh Indonesia, yaitu Rubikku. Di Rubikku, orang-orang membahas banyak hal tentang speedcubing, mulai dari kompetisi, tutorial (masih segar di ingatan penulis bahwa ada nama subforum "Warung Kopi Blindfolded" untuk membahas segala hal tentang blindfolded solving), perkembangan waktu solving, dan lain sebagainya. Sayangnya, situs ini sudah dalam status offline karena kurangnya inisiatif para speedcuber untuk tetap meramaikan forum (sebenarnya karena kenaikan harga hosting situsnya sehingga kekurangan uang iuran untuk membayar sewa situs).

Indonesian Open 2009 (88)
Sumber: Lars Vandenbergh's Flickr

Selang beberapa bulan kemudian, Indonesia mengadakan kompetisi resmi WCA pertamanya, yaitu Indonesian Open 2009 yang digelar pada tanggal 30 Agustus 2009 di Hotel Sahid Jaya, Jakarta dan diawasi oleh WCA Delegate asal Belanda sekaligus suami dari Maria Oey, yaitu Ton Dennenbroek. Kompetisi ini memliki 6 cabang (3x3x3, 2x2x2, 4x4x4, 3x3x3 One-Handed, 3x3x3 Blindfolded, dan 3x3x3 Multi-Blind) dan dihadiri oleh 74 kompetitor. Pencapaian terbesar pada kompetisi tersebut adalah Multi-Blind 11/11 oleh Wicaksono Adi (Chuck) sebagai rekor dunia nomor 2 pada saat itu. Selain Chuck, masih banyak nama-nama yang lahir dan menjadi sensasi di dunia speedcubing Indonesia setelah kompetisi tersebut, misalnya Aldo Feandri, Chilwin Theodores, Charles Wihardjo (pendiri Jocubes), Heribertus Ariando, Janitra Ezra Putra (yang sekarang kerjaannya main MFF), Juan Juli Andika Chandra (DueOne), Muhammad Iril Khairul Anam (mantan pemegang rekor dunia Multi-Blind), dan masih banyak lagi. Pada saat ini juga, rubik menjadi mainan yang viral di Indonesia dan banyak komunitas regional yang lahir hampir di seluruh Indonesia. Untuk melihat liputan tentang Indonesian Open 2009, kamu bisa menyaksikannya di bawah ini.


NSA sudah memiliki 5 periode kepengurusan. Ketua NSA pertama adalah Virkill pada tahun 2009, ketua NSA kedua adalah Vertexian pada tahun 2010, Ketua NSA ketiga adalah Arief Widodo (AW), dan selang beberapa tahun kemudian setelah ketua NSA ketiga tidak aktif selama beberapa tahun, akhirnya posisi ketua NSA digantikan oleh Muhammad Jihan Khalilurrahman untuk periode keempat. Setelah ketua NSA keempat sudah tidak aktif, posisi ini digantikan sementara oleh Cendy Cahyo Rahmat.

Setelah forum Rubikku tidak aktif, orang-orang mulai berpindah ke grup Facebook. Awalnya terdapat dua grup "NSA" di Facebook, yaitu "Nusantara Speedcubing Association" dan "Komunitas Rubik's Indonesia" (KRI) yang sekarang menjadi grup resmi NSA dengan nama "NSA (Komunitas Rubik's Indonesia).  Dikarenakan KRI memiliki anggota grup yang lebih banyak, maka diputuskan bahwa NSA mengakuisisi KRI sebagai grup komunitas speedcubing terbesar di Indonesia.

2. Bagaimana cara menjadi anggota NSA?

Jika kamu adalah cuber yang berasal dari Indonesia atau berdomisili di Indonesia, secara otomatis kamu adalah bagian dari NSA. Namun, jika kamu ingin lebih tahu tentang NSA, kamu bisa gabung ke grup Facebook NSA (Komunitas Rubik's Indonesia). Selain itu, NSA juga memiliki platform sosial media lainnya, seperti halaman Facebook dan Instagram. NSA juga memiliki situs resminya di https://nsa.or.id untuk informasi yang terkait tentang WCA di Indonesia dan sebagainya.


Nah itu dia artikel tentang NSA. Kalau kamu tertarik dengan speedcubing di Indonesia, kamu harus gabung grup NSA di Facebook biar kamu gak ketinggalan info. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Posting Komentar

0 Komentar