Rubik's Revenge, Awal Mula Rubik 4x4x4 Diciptakan


Halo pembaca setia. Kali ini rubik.id akan membagi info tentang sejarah rubik 4x4x4 nih, berhubung rekor dunia 4x4x4 pecah lagi. Nah, foto di atas adalah Rubik 4x4x4 pertama yang dirilis secara masal. Mau tau kisahnya? Yuk kita simak!

Baca juga: Sebastian Weyer, Pemegang WR Single 4x4x4 Terbaru Dengan Waktu 17.42s

1. Péter Sebestény, Perancang Rubik 4x4x4


Péter Sebestény adalah orang Hungaria yang merancang rubik 4x4x4 pertama kali. Beliau lahir pada tanggal 31 Desember 1946. Beliau adalah seorang ahli matematika dan komputer yang pernah bekerja di kementerian keuangan Hungaria. Namun, beliau pindah ke Hamburg, Jerman setelah isu politik dan ekonomi melanda di tanah kelahirannya.

Beliau mendapatkan ide untuk merancang rubik 4x4x4 pada tahun 1980. Beliau merancang rubik 4x4x4 dengan pusat (core) yang berbentuk bola (atau disebut juga ball-core mechanism) yang memiliki delapan potongan segitiga menyerupai perisai untuk menghambat setengah dari rubik 4x4x4 agar tidak ikut berputar saat diputar dengan putaran dua lapis (layer).



Pada tanggal 3 Februari 1981, beliau mematenkan desain 4x4x4-nya. Lalu, beliau menerima kontrak dari Ideal Toys, penjual Rubik's Cube, untuk memakai patennya dan merealisasikannya sebagai "Rubik's Revenge" atau "Rubik's Master Cube" pada tahun 1982. Untuk melihat paten yang beliau buat, kamu bisa lihat di link di bawah ini.

Baca juga: Paten Sebestény untuk Rubik 4x4x4

2. Punahnya dan Kembalinya Rubik's Revenge



Pada tahun 1990-an, Rubik's Revenge telah dihentikan proses produksinya. Karenanya, para pecinta rubik tidak dapat membelinya lagi. Pada tahun 1999, Meffert's menuliskan pada situs web mereka bahwa 4x4x4 sudah tidak diproduksi sejak 10 tahun yang lalu. Setahun setelahnya, Meffert's mulai merilis rubik 4x4x4 mereka dengan desain mekanisme yang sama dengan Rubik's Revenge. Pada akhir tahun 2000 menjelang Natal, Rubik's merilis kembali Rubik's Revenge. Sampai sekarang, Rubik's masih menjual Rubik's Revenge di situs mereka, namun hanya sebatas untuk koleksi karena rubik ini tidak didesain untuk speedcubing.

Baca juga: Speedcubing, Seni Menyelesaikan Rubik dengan Cepat

Nah, itu dia sejarah dibuatnya rubik 4x4x4 pertama oleh Rubik's. Mungkin artikel tentang sejarah 4x4x4 akan berlanjut karena belum mencakup semuanya. Maka dari itu, pantau terus rubik.id biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya!

Referensi:

Posting Komentar

1 Komentar