Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Kalian Bermain Rubik

Apakah kalian pernah melihat beberapa cuber professional mengacak-acak rubiknya secara cepat (terkadang ada yang melakukan eksekusi rumus PLL) sebelum menyelesaikan rubiknya? Hal ini dilakukan cuber sebagai salah satu cara agar tidak terasa kaku saat menyelesaikan rubiknya.
melakukan berbagai hal sebelum main rubik
Sebelumnya mimin mau menyampaikan satu hal penting lainnya, yaitu tips ini tidak wajib kalian ikuti dan kalian lakukan setiap saat mau solving rubik. Jadi kalian bisa menggunakannya sebelum latihan rutin mengambil average atau sesaat sebelum mengikuti kompetisi.

1. Cuci tangan sebelum solving 


cuci tangan pakai sabun icon

Percayakah kalian kalau mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menyelesaikan rubik's cube akan membuat tangan lebih terasa nyaman dan terasa lebih segar. Sesudah kalian mencuci tangan kalian pastikan untuk mengeringkan tangan kalian agar tidak terlalu basah dan tidak ada air yang tersisa. Hal ini sering sekali mimin lakukan dikala ingin melakukan latihan rutin. Dampak positif lainnya adalah rubik kalian juga tidak akan mudah kotor pada bagian permukaannya.

Tangan yang bersih juga dapat mencegah penyebaran bakteri dan virus, seperti COVID-19.

2. Lakukan pemanasan pada jari tangan


pemanasan icon

Seperti yang mimin bilang tadi, ada banyak cuber yang memanaskan jari-jarinya dengan cara mengacak rubik dengan cepat atau melakukan berbagai macam algoritma yang telah dihafal untuk melatih fingertrick agar tidak kaku saat melakukan solving.

Tetapi jangan terlalu terpaku dengan pemanasan menggunakan cara tersebut kalian juga bisa melakukan pemanasan dengan cara kalian sendiri, misalnya melakukan senam jari atau melakukan solving biasa tanpa menggunakan timer.

3. Hindari tangan yang basah atau berkeringat

tangan basah dna berkeringat icon
Usahakan tangan kalian dalam keadaan tidak basah karena air ataupun keringat, karena hal ini bisa saja menyebabkan kesalahan yang sangat fatal. Misalnya rubik kalian bisa saja terjatuh atau terlepas dari genggaman kalian ketika solving dikarenakan tangan yang licin dan fingertrick yang tidak akurat.

Apabila kalian adalah orang yang tangannya mudah berkeringat mimin saranin untuk menyiapkan kain, handuk, tisu atau apapun itu yang dapat mengeringkan tangan kalian. Selain itu mimin ada tips yang sangat ampuh untuk kalian yang tangannya suka keringetan, cobalah untuk menggunakan deodorant pada telapak tangan kalian. Seperti yang kita tahu kalau deodorant berfungsi untuk menyumbat pori-pori pada kulit yang mengakibatkan keringat tidak bisa keluar dari pori-pori tersebut.

4. Periksa kondisi rubik

kondisi rubik setting icon

Hal yang satu ini sangat penting apalagi sebelum mengikuti kompetisi, pastikanlah rubik kalian dalam performa terbaik dan tidak mengalami kendala ataupun masalah. Mimin sarankan settingan pada rubik jangan terlalu kendor karena resiko pop yang tinggi.

5. Bersikap santai dan rileks

santai rileks nyamanin aja
Tidak jarang beberapa cuber yang gugup dan jantungnya berdebar kencang sebelum melakukan solving pada kompetisi maupun solving di depan banyak orang. Pastikan kalian tidak mengalami kondisi ini disaat ingin menyelesaikan rubik, karena dampaknya sangatlah besar. Hal yang mungkin terjadi adalah penurunan waktu dalam bermain rubik juga pasti akan terganggu.

Untuk menghilangkan rasa gugup tersebut kalian bisa mencoba menarik nafas dari hidung dan mengeluarkannya secara perlahan melalui mulut kalian. Kalau tidak berhasil cobalah cara lain yang bisa membuat kalian tidak gugup lagi, salah satunya menghilangkan pikiran negatif dan menjaga kontak mata kalian.

6. Minum teh hangat 

teh hangat icon
Ini adalah kebiasaan mimin kalian tidak wajib mengikutinya karena tidak tips ini tidak bekerja pada semua orang, tapi kalian juga dapat mencobanya. Seperti yang mimin bilang sebelumnya kalau kita harus menghilangkan rasa gugup dan harus tenang. Banyak cara untuk menangkan diri dan pikiran dan salah satunya adalah meminum teh hangat, mimin sering sekali menggunakan cara yang satu ini apabila mimin merasa gugup dan tidak percaya diri.

Dengan meminum teh hangat itu dapat meningkatkan konsentrasi, meningkatkan ketajaman mental dan baik untuk jantung.

Kamu juga bisa mengganti teh dengan kopi atau minuman kesukaanmu selama tidak berlebihan dan tidak berdampak buruk untuk kesehatan.

Mungkin itu saja untuk tips dari mimin pada kesempatan kali ini, seperti yang mimin bilang kalau semuanya tidak wajib untuk kalian lakukan tapi jika kalian merasa artikel kali ini bermanfaat untuk kalian jangan lupa untuk membagikannya kepada teman kalian. Semoga tips yang mimin berikan kali ini dapat bermanfaat dan memberi ilmu baru kepada kalian semua.

Sekian dulu untuk kali ini dan sampai jumpa lagi pada kesempatan lain dan ingat selalu pesan mimin, nikmati permainannya karena disitulah asiknya dan jangan terlalu dipikirkan karena hanya akan menjadi beban dan hal itu tidak membuat kalian berkembang tapi hanya membuat kalian jalan di tempat.

Jika kalian punya tips versi kalian sendiri dan tidak tercantum di atas, silahkan tulis di komentar agar mimin dan yang lainnya juga ikut tahu dan tips yang kalian berikan akan sangat bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

0 Komentar