Skip to main content

Perbedaan Kompetisi Resmi WCA Tingkat Nasional, Benua, dan Dunia

tingkatan kompetisi rubik resmi WCA lomba official

Sebelum membahas perbedaan di antara lomba tingkat nasional, benua, dan dunia, mari kita sedikit menelusuri tentang speedcubing. Lomba balap kubus ini sama seperti cabang olahraga atau permainan lain, terdapat peraturan dan poin-poin penilaian yang diakui oleh asosiasi resmi dunia yaitu World Cube Association (disingkat: WCA).

Speedcubing sangat populer di Amerika Serikat, Tiongkok, dan negara-negara maju di Eropa seperti Jerman, Perancis, Polandia, Britania Raya, Rusia, dan negara-negara Skandinavia. Lantas, apa yang membedakan setiap kompetisi dengan kompetisi lainnya? Apakah dari jumlah pesertanya? Apakah dari kewarnegaraannya? Ataukah dari jumlah hadiahnya?

Apa itu kompetisi tingkat nasional?

Indonesian Championship 2019
Kompetisi nasional adalah perlombaan tahunan tingkat regional di suatu negara yang diikuti oleh warga negara tersebut maupun warga negara asing. Juara umum boleh dari dalam negeri atau dari luar negeri, akan tetapi hadiah utama biasanya hanya diserahkan kepada orang yang memiliki kewarnegaraan yang sesuai dengan negara tempat kompetisi itu diadakan.

Di Indonesia, kompetisi nasional pertama ialah Indonesian Open 2009 yang diadakan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, kompetisi ini diubah menjadi Indonesian Championship. Kota-kota yang terpilih menjadi tuan rumah antara lain Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Apa itu kompetisi tingkat benua?

WCA European Championship 2018
Kompetisi tingkat benua adalah perlombaan dua tahunan yang diikuti oleh peserta dari benua tertentu atau dari luar benua yang dimaksud. Kompetisi tingkat benua antara lain Asian Championship, North American Championship, South American Championship, European Championship, dan Oceania.

Apa itu kompetisi tingkat dunia?

WCA World Championship 2019
Seperti namanya, kompetisi tingkat dunia adalah perlombaan antar speedcuber dari berbagai belahan dunia yang dipertemukan dalam satu arena untuk saling adu cepat. Semua cabang perlombaan dilombakan dan biasanya kapasitas peserta lebih dari 500 orang bahkan bisa mencapai ribuan orang.

Apa persamaan dan perbedaan di antara ketiganya?

Baik kejuaraan rubik tingkat nasional, benua, maupun dunia sama-sama mempertandingkan semua cabang kompetisi resmi WCA. Semua warga negara dapat menjadi juara umum atau juara di salah satu cabang kompetisi tertentu, akan tetapi di kompetisi nasional biasanya hadiah tidak diberikan kepada selain warga negara lokal.

Dari segi kapasitas peserta, kejuaraan tingkat dunia menampung lebih banyak peserta dan menarik sorotan dari pihak media maupun pemerintah setempat selaku tuan rumah. Kejuaraan tingkat dunia maupun tingkat benua diadakan 2 tahun sekali, sedangkan tingkat nasional biasa diadakan setiap tahun.

Sampai saat ini, sembilan speedcuber dari tujuh negara berbeda telah menjadi juara dunia WCA dalam sepuluh edisi kompetisi berbeda.

* * *  

instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->