Skip to main content

Rekomendasi Situs Web Tempat Belajar Rubik Terbaik

kubus rubik virtual online daring

Mencari panduan rubik di YouTube mungkin bukanlah perkara sulit, akan tetapi bagaimana jika kita lebih menyukai teks ketimbang visual?

Jawabannya tentu situs-situs web berisi panduan rubik yang lengkap dan dapat dijadikan tempat belajar. Ia juga baik untuk meningkatkan literasi, menghemat kuota internet, dan ramah terhadap difabel terutama teman-teman Tuli.

Berikut ini kami merangkun situs web pilihan terbaik sebagai tempat belajar rubik terlengkap.

Situs dan blog

Rubik.id

Rubik.id merupakan situs blog berisi panduan rubik berbahasa Indonesia. Di dalamnya juga terdapat berita dan opini yang berkaitan dengan speedcubing. Rubik.id adalah pilihan terbaik untukmu yang tidak terlalu memahami bahasa Inggris.

You Can the Cube

You Can Do The Rubik's Cube official website screenshot homepage

Situs ini merupakan web resmi Rubik's Brand Ltd. yang berisi panduan dasar menyelesaikan Kubus Rubik. Selain itu, juga ada piihan menu berbelanja, media, dan mosaik.

Badmephisto

Badmephisto merupakan situs web buatan Andrej Karpathy yang populer pada tahun 2008-2010an. Isinya memang sangat klasik: panduan CFOP (Cross, F2L, OLL, PLL) dan blindfolded.

Cyotheking

Christopher Olson awalnya membuat situs pribadi miliknya sebagai protofolio online. Namun seiring berjalannya waktu, ia memutuskan untuk berbagi algoritma favoritnya dan uneg-unegnya seputar speedcubing di web tersebut.

CubeSkills


Untukmu yang ingin mendalami speedcubing hingga ke tingkat yang lebih jauh, CubeSkills merupakan opsi terbaik. Kamu akan dipandu langsung oleh Feliks Zemdegs, sang juara dunia sekaligus pemegang beberapa rekor dunia saat ini.

Brookscubing

Anthony Brooks dikenal sebagai performer rubik terbaik di dunia. Ia adalah yang terbaik dari segi presentasi, penampilan, dan kepercayaan diri. Melalui situs resminya, ia berbagi pengalaman dan kiat-kiat menjadi seorang penhibur yang memukau.

JaydenMcneill

Sama seperti rekan senegaranya, Jayden yang berasal dari Australia juga membagikan kiat jitu bermain rubik. Sayangnya, jasa pelatihan online yang pernah ia bawakan sedang dihentikan sementara.

ALG.CUBING.NET screenshot homepage algorithm speedcubing

alg.cubing.net

Ingin mencoba membuat algoritma penyelesaian rubik sendiri? Cobalah mengutak-atik web ini.

Speedcube Review

Situs ini berisi ulasan produk-produk cube, stiker, pelumas, twisty puzzle lainnya. Konten di situs web ini diperbarui hampir setiap pekan.

Timer atau pencatat waktu versi desktop

CSTimer.net

rubiks cube cstimer.net timer

QQ Timer


Cubezapp


Forum

WCA Forum

World Cube Association Forum

Forum online resmi buatan World Cube Association. Untuk mengaksesnya, pengguna harus mendaftar atau memiliki akun WCA terlebih dahulu.

NSA (Komunitas Rubik Indonesia)

Dibuat pada tahun 2009, grup Facebook NSA/KRI telah memiliki lebih dari 19.000 anggota, sebagian di antaranya masih aktif berdiskusi.

Cyoubx's Friends

Dengan lebih dari 8.000 member aktif, ini adalah grup Facebook seputar rubik internasional terbesar di dunia saat ini.

speedsolving forum speedcubing online discussion

Speedsolving

Sebelum forum WCA dirilis pada tahun 2020, Speedsolving telah lebih dulu menjadi wadah diskusi para speedcuber dari berbagai belahan dunia. Sampai saat ini, tercatat lebih dari 39.000 anggota telah bergabung di situs tersebut dengan lebih dari 50.000 utas diskusi.


* * *   instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->