Ternyata Bukan FMC! Ini Dia Event WCA Yang Paling Tidak Diminati Cuber Indonesia

Hallo Cuber! Berjumpa lagi bersama saya disini dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cuber Indonesia.

Ternyata Bukan FMC! Ini Dia Event WCA Yang Paling Tidak Diminati Cuber Indonesia
Jadi selama ini banyak pernyataan bahwa event Fewest Move atau yang kerap disebut FMC merupakan event yang paling tidak diminati oleh cuber Indonesia. Bahkan masih banyak yang tidak mengetahui apa itu FMC dan bagaimana caranya.

Penelitian lebih lanjut mengenai event WCA yang paling tidak diminati oleh cuber Indonesia

Namun setelah saya teliti lebih lanjut akhirnya saya menemukan sebuah fakta bahwa FMC bukanlah event yang paling tidak diminati oleh cuber Indonesia. Lantas jikalau bukan FMC lalu event apa yang paling tidak diminati oleh cuber Indonesia, jawabannya adalah BLD 5x5x5.

5x5x5 Blindfolded merupakan salah satu WCA Event yang biasanya diperlombakan pada beberapa kompetisi resmi WCA. Ahsanul Insan Hamid merupakan cuber yang memegang rekor nasional untuk event yang satu ini.

Baca Juga : Belajar Rubik Lebih Mudah! Ini Dia 6 Rekomendasi Konten Kreator Rubik di Indonesia


Jumlah kompetitor yang mengikuti event BLD 5x5x5 berdasarkan data WCA

Berdasarkan data dari WCA, hanya ada 15 orang saja yang berhasil secara resmi mencatatkan waktunya pada kompetisi resmi. Kemudian mengingat jarang sekali kompetisi resmi yang memperlombakan event ini dikarenakan peminatnya yang sedikit.
Beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya minat pada event 5x5x5 blindfolded
Menurut saya ada beberapa faktor yang menyebabkan event 5x5x5 Blindfolded ini tidak diminati oleh cuber Indonesia.
  • Lamanya waktu menyelesaikan rubik ini, waktu tercepat menyelesaikan 5x5x5 dengan mata tertutup saja adalah 8:27.43 detik. Mungkin untuk pemula saat belajar bisa mencapai waktu satu jam lebih.
  • Tingkat kesulitan yang tinggi, untuk mempelajari BLD pada big cube tidak semudah mempelajari BLD pada rubik 3x3x3. Sehingga membuat minat para cuber sangatlah kurang dan tidak ingin mencoba event ini.
  • Resiko yang tinggi, resiko yang saya maksud adalah kemungkinan untuk gagal solving atau DNF. Karena kita bisa menghabiskan waktu yang sangat lama untuk mememorisasi serta eksekusi maka akan sangat tidak menyenangkan jika hasilnya malah DNF. 
  • Kurangnya sumber pembelajaran, sangat jarang sekali tutorial BLD untuk big cube bersebaran di YouTube khususnya di Indonesia.
Sisi baik yang bisa diambil dari kasus seperti ini
Namun sisi baiknya untuk kalian yang suka dengan event ini adalah, kesempatan untuk bersaing menjadi pemecah rekor nasional sangat tinggi. Setidaknya kalian jika bisa meneyelesaikan rubik 5x5x5 Blindfolded kalian sudah masuk peringkat 20 besar nasional.

Mungkin itu saja pembahasan kita pada kali ini, jika kalian punya pertanyaan atau request silahkan tulis pada kolom komentar.

* * *   instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

0 Komentar