Cabang Perlombaan yang Layak dan Bisa WCA Tambahkan di Masa Depan

WCA added possible new events


Bagaimana suatu cabang perlombaan dipilih oleh WCA?

Saat ini, terdapat 17 cabang kompetisi yang diakui dan dicatat oleh World Cube Association. Cabang perlombaan tersebut dipilih berdasarkan tingkat popularitas, tingkat kesulitan, tingkat kompetitif, dan atas dasar masukan/saran dari berbagai pihak.

Selain menambahkan event, WCA juga dapat menghapus cabang-cabang lama yang dinilai sudah kurang kompetitif atau kuno. Contohnya multi-blind dengan sistem penilaian lama, magic, master magic, dan with feet.

Cabang kompetisi yang mungkin ditambahkan di kemudian hari

Berikut ini beberapa cabang atau kategori yang mungkin ditambahkan oleh WCA di kompetisi resmi di masa depan.

1. Team Blindfolded


Berbeda dengan blindfolded relay yang individual, team blindfolded membutuhkan kerja sama tim yang baik antara 2 orang speedcuber. Rekor nonresmi yang pernah dilakukan di sebuah kompetisi ialah 17.97 detik oleh Nikita Kovalchuk dan Yevheniia Melnykova di Kiev Super Blind 2019.

2. One-Handed Blindfolded

Salah satu cuber top dunia yang pernah menyelesaikan rubik dengan satu tangan sambil menutup mata ialah Jake Klassen dari Kanada.

3. Cuboid


Cuboid pada umumnya adalah kubus berbentuk tak beraturan, baik dari segi jumlah pieces-nya maupun dari segi proporsionalnya.

4. Gear puzzle


Cube berbentuk gerigi ini memang sekilas sulit untuk diselesaikan, akan tetapi sebenarnya cukup mudah apabila kita memahami pergerakan/notasi dan cara penyelesaiannya.

5. Kilominx dan Mastermorphinx


Kilominx dan Mastermorphinx masih satu keluarga dengan -minx lainnya seperti Pyraminx, Megaminx, dan Gigaminx. Masih ada beberapa variasi lainnya yang terlihat mirip tetapi butuh waktu yang lebih lama untuk diselesaikan.

6. Mirror

Bisa dibilang mirror cube hanyalah 3x3x3 dengan bagian center, edge, dan corner yang berbentuk tidak beraturan. Dengan ketidakteraturan tersebut, tidak heran ia relatif lebih sulit untuk diselesaikan.

7. Big cubes di atas 7x7x7

Seiring dengan semakin cepat catatan waktu solving big cubes (4x4x4, 5x5x5, 6x6x6, dan 7x7x7), tentu komunitas speedcubing butuh tantangan baru. Apalagi kalau bukan 8x8x8, 9x9x9, dan dimensi di atasnya.

Namun, yang perlu diperhatikan ialah metode perhitungan catatan waktu supaya tidak menghabiskan durasi acara lomba.

8. 15 Puzzle


15 puzzle adalah permainan teka-teki yang tersusun atas 16 blok yang dapat digeser (1 blok kosong untuk menggeser satu per satu blok). Puzzle yang telah diacak harus diselesaikan hingga blok angka dari 1 hingga 15 tersusun secara rapi.

* * *   instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

0 Komentar