Kapan Lomba Rubik Resmi WCA Akan Diselenggarakan Lagi?

kapan lomba rubik akan ada lagi?

Di tengah ketidakpastian selama pandemi COVID-19 berlangsung, semua kalangan tentu mendambakan kondisi kembali normal seperti sediakalan. Sebagai penghobi rubik kamu mungkin bertanya-tanya:

"Kapan lomba rubik akan diadakan lagi?"

"Kapan WCA akan membuka kembali izin penyelenggaran kompetisinya?"

Untuk menjawab rasa penasaranmu, kami bantu menjawabnya dengan berbagai situasi ke depannya yang mungkin terjadi.

1. Setelah situasi pandemi mereda

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, penyebaran COVID-19 di Indonesia telah merata hingga ke semua provinsi dan pertambahannya senantiasa naik dari hari ke hari secara eksponensial.


Data dari BNPB dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 per Kamis (21 Mei 2020) tercatat 20.162 kasus positif terkonfirmasi, 4.838 sembuh, dan 1.278 meninggal dunia. Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat merupakan tiga provinsi dengan kasus terbanyak.

Belum ada tanda-tanda situasi penyebaran wabah mereda, apalagi orang-orang masih berbondong-bondong mudik ke kampung halaman.

2. Ketika izin dari Pemerintah serta instansi kesehatan di Indonesia diumumkan

Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa provinsi di Indonesia masih diberlakukan, selama itu pula kegiatan berkerumun di tempat umum tidak diperbolehkan. Hal ini demi mematuhi protokol kesehatan dan mencegah terjadinya gelombang kedua dari kluster baru.

Lihat postingan ini di Instagram

Dari @dkijakarta ⁣ · · · ⁣ Sanksi bagi pelanggar #PSBBJakarta resmi diberlakukan, sebagaimana yang tertuang pada Pergub 41/2020.⁣⁣ ⁣⁣ Dalam Pergub tersebut diatur terkait pengenaan sanksi kepada pelanggar mulai dari teguran tertulis, kerja sosial, hingga denda berbayar. Simak infografik berikut untuk lengkapnya!⁣⁣ ⁣⁣ Kami berharap pemberlakuan aturan ini dapat mendorong kedisiplinan masyarakat untuk mengawasi dan menerapkan bersama protokol pencegahan penyebaran COVID 19 agar pandemi ini cepat berakhir. ⁣⁣ ⁣⁣ Bila kamu melihat pelanggaran #PSBBJakarta, segera lapor ke salah satu kanal aduan resmi #CRM @cepatresponjkt. Mari bersama jaga kota kita!⁣⁣ ⁣⁣ #JakartaTanggapCorona #HadapiBersama #YukPakaiMasker #Dirumahaja⁣⁣ ⁣⁣ Note: Sanksi denda bagi masyarakat yang tidak memakai masker akan diberlakukan setelah Pemprov DKI rampung membagikan masker.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Anies Baswedan (@aniesbaswedan) pada


Pihak penyelenggara lomba rubik tidak akan sebegitu nekat untuk melanggar aturan pemerintah, terlebih dengan risiko keselamatan orang-orang yang terlibat di acaranya.

Jika kurva pandemi di negara ini sudah melandai atau bahkan menurun drastis, kemungkinan besar kegiatan yang banyak mengumpulkan massa dapat diperbolehkan.

3. Ketika kebijakan WCA mengizinkan penyelenggaraan kompetisi

World Cube Association telah melarang pengajuan serta penyelenggaraan kompetisi di semua negara tanpa terkecuali sejak Maret 2020 hingga 31 Mei 2020. Pengajuan baru dapat dilakukan kembali pada 1 Juni 2020 dengan syarat kondisi pandemi mereda dan protokol kesehatan diberlakukan oleh pihak panitia.

Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda WCA akan memperpanjang masa pelarangan atau menghentikan larangan ini. Namun, kondisi di berbagai negara di dunia seperti Amerika Serikat, negara-negara Eropa, termasuk Indonesia belum menunjukkan penurunan kasus yang signifikan.

Kesimpulan

Larangan kompetisi speedcubing di Indonesia masih berlangsung hingga tulisan ini dibuat, baik karena mengikuti peraturan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan WCA selaku organisasi induk.

Tanpa vaksin yang telah diuji dan diakui efektivitasnya dalam mencegah virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, tampaknya kita belum bisa berkumpul bersama di luar rumah dan berkompetisi lagi dalam beberapa bulan ke depan.

Atau bahkan mungkin hingga tahun depan?

* * * 

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.


Posting Komentar

0 Komentar