Skip to main content

Temukan Kubus Rubik di Serial Televisi Ini

rubik di acara televisi tahun 80an
Seperti yang kita ketahui, Kubus Rubik tidak hanya menjadi hiburan atau mainan bagi berbagai kalangan, ia juga menjelma sebagai budaya pop (pop culture) di beberapa sendi kehidupan. Tidak jarang kita melihat rubik diselipkan di dalam film, anime, iklan, klip video, bahkan di acara televisi.

Popularitas rubik di Indonesia juga dimulai dari sebuah acara tv, yaitu The Master pada tahun 2008. Di acara sulap itu, Deddy Corbuzier selaku pembawa acara menantang Abel Brata (yang saat itu ia memegang rekor nasional 3x3x3 single). Tantangan yang diberikan pun tidak sembarangan, sebab Abel dan Deddy harus sama-sama menyelesaikan rubik dengan mata tertutup.


Namun, di artikel ini tidak akan dibahas mengenai atlet rubik secara spesifik yang diundang oleh pihak tv. Sebaliknya, rubik menjadi elemen pelengkap, bahkan terbilang sangat kecil dan perlu kejelian untuk dapat disadari keberadaannya.

Penasaran di acara tv apa saja rubik muncul? Yuk, lihat daftar selengkapnya berikut ini.

1. Rubik, The Amazing Cube (1983)

Rubik, the Amazing Cube adalah acara tv yang tayang di Amerika Serikat setiap Sabtu pagi pada tahun 1983, tepatnya di saat popularitas Kubus Rubik sedang memuncak. Karakter utamanya ialah Rubik berbentuk kubus yang dapat berinteraksi layaknya makhluk hidup.

2. Whatever Happened to... Robot Jones? (2002)

Whatever Happened to Robot Jones rubik
Di episode "Cube Wars", anak-anak di dalam kelas ditemani sebuah robot yang mampu menyelesaikan Rubik's Revenge (sebutan untuk 4x4x4 pada saat itu).

3. Law & Order

Di musim ketiga Law & Order, Detectives Briscoe (diperankan oleh Jerry Orbach) dan Logan (diperankan oleh Chris Noth) menangkap seorang pria yang bermain bermain di atas bangku.

4. Law & Order UK

Karakter pendukung di serial kriminal ini, James Steel QC (diperankan oleh Ben Daniels) beberapa kali disorot sedang menyelesaikan rubik.

5. South Park (2009 & 2017)

south park put it down season 21 episode 2

South Park merupakan salah satu serial kartun terpanjang di Amerika Serikat. Di musim ke-13 episode pertama yang berjudul "The Ring" dan episode kedua berjudul "The Coon", terdapat rubik 4x4x4 dan 3x3x3 di dalamnya.

Di musim ke-21 episode berjudul "Put It Down", sebuah rubik terlihat berada di dalam boks di samping televisi.

6. Limitless season 1 episode 2 (2011)

Limitless Season 1 Episode 2 S01E02 Badge Gun rubik's cube two handed
Di musim pertama episode 2 yang berjudul "Badge! Gun!", Brian yang merupakan protagonis di serial ini terlihat asyik menyelesaikan rubik menggunakan kedua tangannya secara bersamaan.

7. National Geographic miniseries The 80s: The Decade That Made Us (2013)


Pada tahun 2013, NatGeo menayangkan sebuah episode berjudul "The Revolutionaries", dari seri dokumenter mereka, "The 80s: The Decade That Made Us". Kubus Rubik tampil di segmen episode itu sekaligus menjadi teaser promo.

8. The Big Bang Theory (2007—2018)

Sheldon Cooper and his tissue box of rubik's cube The BIg Bang Theory

Bukan Sheldon Cooper jika tidak ikonik. Selain sering kedapatan memakai kaos bergambar rubik, ia juga memiliki kotak tisu yang juga berbentuk kubus menyerupai rubik.

Sheldon Cooper friends guest and his tissue box of rubik's cube The Big Bang Theory

9. Eurovision 2014


Tumpukan rubik berpola bendera Hongaria terlihat disorot di intro sebelum penyanyi András Kállay-Saunders tampil.

10. Lucifer season 3 episode 5 (2017)

Ella Lucifer season 3 episode 5 S03E05 playing rubik's cube
Di musim ketiga episode kelima berjudul "Welcome Back, Charlotte Richards", Ella Lopez selaku petugas kepolisian sedang menutak-atik rubik.

10. DARK season 1 episode 3 (2017)

Dark Netflix season 1 episode 3 S01E03 rubik's cube
Mikkel Nielsen yang tersesat di tahun 1986 menyambangi kantor kepolisian tempat ayahnya bekerja. Namun, di sana ia malah bertemu Egon Tiedemann. Di atas meja kerjanya telihat sebuah rubik klasik.

11. Rick & Morty season 4 episode 3 (2019)

Rick and Morty S04e3
Di musim keempat episode ketiga, Morty Smith terlihat memainkan rubik di atas atap rumahnya ditemani Mr. Poopybutthole dan Rick.

* * * 

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->