Haruskah Delegasi WCA Dibayar?


Peran Delegasi World Cube Association di setiap penyelenggaraan kompetisi resmi WCA sangatlah penting. Keberadaannya menjembatani komunikasi antara pihak panitia, peserta, dan organisasi pusat. Sayangnya, ia sering kali dipandang sebelah mata dan kurang diapresiasi, terutama dari segi finansial.

Lantas, apakah Delegasi WCA layak dibayar untuk setiap kontribusinya dalam komunitas lokal di suatu negara? Seberapa nilai yang layak ia terima?

Apa peran Delegasi WCA?

Secara umum, delegasi WCA berperan sebagai berikut:
1. Mengomunikasikan dengan baik semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan suatu kompetisi resmi WCA yang ia delegasikan.
2. Memastikan peraturan WCA diterapkan sesuai regulasi terkini.
3. Memilih kandidat WCA Delegate penerus apabila ia ingin melanjutkan tongkat estafet delegasi di negaranya.

Berapakah nilai yang layak diberikan kepada Delegasi WCA?

Dalam setiap penyelenggaraan perlombaan resmi atas nama WCA, tentu terdapat biaya keluar-masuk yang dikelola oleh panitia. Dari anggaran yang terkumpul, sudah selayaknya Delegasi WCA menerima bagian terutama untuk mengganti biaya ongkos transportasi, penginapan (jika datang ke luar kota), makan/minum, dan biaya-biaya lain.

Persentase dan jumlah nilai yang akan diberikan sebaiknya dibicarakan secara internal oleh pihak penyelenggara suatu acara dengan WCA Delegate. Hal ini dilakukan supaya tidak ada konflik yang muncul ketika acara berlangsung maupun telah selesai.

* * * 

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

0 Komentar