Apa itu WR, NR, CR, dan PB dalam dunia Speedcubing?

Halo temen temen! kali ini Rubik.id akan membahas tentang apa itu istilah WR, NR, CR, dan PB dalam dunia Rubik atau Speedcubing, Kamu yang tertarik sama tulisan ini pastinya belum tahu kan?

Gak usah banyak basa basi yuk langsung kita bahas tuntas!

    1. WR ( World Record )

WR adalah singkatan dari kata World Record yang berarti Rekor Dunia, istilah WR dalam dunia rubik tentunya diartikan sebagai Rekor yang Resmi dan tercatat di WCA (World Cube Association).

Baca Juga : World Cube Association, Asosiasi yang Menaungi Speedcubing Dunia
Tahukah kamu? bisa menyelesaikan rubik lebih cepat dari rekor yang ada di WCA bukan berarti kamu langsung dinyatakan sebagai pemegang rekor selanjutnya!

Untuk dapat diakui sebagai Rekor Dunia atau WR kamu harus memecahkan rekor tersebut didalam kompetisi Resmi dari WCA.

Pemecahan Rekor di kompetisi yang non WCA biasanya hanya di sebut UWR atau Unoficial World Record, atau sama saja seperti kamu main rubik dirumah.

Pada sistem penyebutan Rekor ada 3 jenis rekor yang saat ini resmi di gunakan wca yaitu Rekor Single, Average, dan Mean. yang banyak digunakan adalah Single dan Average sementara Mean biasa digunakan untuk event Blind Folded.

     2. NR ( National Record )


Mirip seperti WR, NR adalah sebutan untuk pemecah rekor resmi di WCA, bedanya NR berada di tingkatan regional negara masing masing.

Yang perlu kamu pahami adalah, NR dihitung berdasarkan negara asal kamu, bukan berdasarkan lokasi negara saat kamu melakukan kompetisi. jadi kalau kamu tercatat sebagai orang indonesia dan lagi mampir di Amerika sekalian ikut kompetisi disana, kamu tetap tidak akan memecahkan National Record Amerika.

    3. CR ( Continental Record )


Continental Record adalah pencapaian rekor untuk tingkat benua, CR akan terbagi lagi menjadi beberapa bagian sesuai benua asal kamu berada.

Ada 6 Continental Record yang ada saat ini yaitu Asia, Eropa, Afrika, Oceania, Amerika Utara dan Amerika Selatan. 6 benua ini tentunya punya masing masing Cuber yang sudah populer dan sering menjuarai berbagai kompetisi di dunia.

Dari 6 benua tersebut Asia, Eropa dan Amerika Utara jadi benua dengan tingkat persaingan tertinggi di event rubik 3x3, tapi yang uniknya Feliks Zemdegs sebagai speedcuber pemegang posisi 1 dunia saat ini termasuk speedcuber dari Oseania (australia).

Baca Juga : Kriteria Speedcube Yang Baik 

Untuk saat ini Afrika masih tertinggal sebagai benua yang paling rendah persaingannya, Tahukah kamu untuk menjadi Top 100 di benua tersebut kamu cukup mencatatkan waktu 15 detik saja. itu termasuk sangat mudah jika dibandingkan dengan Top 100 di negara kita Indonesia.

Untuk masuk Top 100 di indonesia kamu harus bisa solve dibawah 11.89 detik! Wow... cukup sulit yah, jika dibandingkan antara negara indonesia dan benua afrika sebenarnya posisi 11 National Record indonesia sudah lebih cepat dibanding speedcuber tercepat di benua afrika.

    4. PB ( Personal Best )

PB atau Personal Best adalah sebutan untuk rekor pribadi masing masing dari kita, biasanya ada istilah juga Official PB untuk rekor resmi di WCA dan Unofficial PB saat kalian latihan (non resmi).

sama seperti sistem penyebutan rekor WR, NR, dan CR pada PB juga ada sebutan Single dan Average.

Nah itu dia pembahasan seputar jenis jenis Rekor di WCA, semoga menjadi wawasan yang bermanfaat buat kamu, Support Rubik.id dengan cara like fanpage kami atau follow instagram kami @rubikscubeid .

Posting Komentar

0 Komentar