Skip to main content

Kenapa Rubik yang Baru DIbeli Putarannya Tidak Enak?

rubik's cube illustration art

Hai sobat cuber, kembali lagi di rubik.id, di artikel penulis akan membahas tentang rubik baru nih. Mungkin di antara kalian ada yang baru beli rubik? Tapi anehnya pas diputar rubiknya seret, atau ngelock? Mungkin artikel ini akan membantu kalian nih. Simak terus ya.

Jadi kenapa sih performa rubik yang baru dibeli itu ga bagus? Ada beberapa faktor, tapi ini juga tidak semua rubik out of the boxnya seperti ini ya, biasanya untuk rubik flagship yang mahal apalagi yang magnetic sudah lebih baik daripada yang seri di bawahnya. Penulis sendiri pernah mengalami membeli rubik baru tapi performanya jelek, kenapa sih bisa seperti itu?

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Rubik Supaya Awet dan Tetap Licin

Setelan pabrik

Pada saat perakitan sebuah rubik, dimensi berapapun dan dalam jumlah yang besar dan banyak tentu tidak sempat disetup satu persatu ya, karena akan sangat memakan waktu. Untuk mempercepat pekerjaan biasanya rubik hanya dirakit saja sesuai prosedur tanpa memikirkan tensi yang pas. Oleh karena itu performa rubik baru tidak begitu bagus.

Baca Juga : Awas Rusak! Ini Cara Membersihkan Rubik Yang Benar

Plastik belum halus
Sebenarnya penulis bingung menamai istilah ini :). Jadi begini, plastik yang keluar dari mesin cetakan tentulah plastik yang masih fresh atau masih baru, sehingga pada sebuah rubik, gesekan antara plastik dengan plastik yang masih baru tentu tidak akan menghasilkan sesuatu yang mulus. Jadi perlu yang namanya break in, yaitu kegiatan memutar rubik secara terus menerus, biasanya dalam bentuk solving berulang-ulang, supaya permukaan pada plastik ini terkikis dan menjadikan gaya geseknya mengecil. Sehingga menciptakan feel yang smooth. Pada proses ini jangan lupa pakai lubenya ya supaya lebih mantap.

Solusi

Hal pertama yang harus kalian lakukan pada rubik baru kalian adalah mengatur tensionnya, biasanya rubik baru tensionnya sampe mentok, kalian perlu mengendorkannya, tapi jangan berlebihan ya.

Kemudian, pakailah lube yang biasa kalian pakai, lalu lakukan solving berulang-ulang sampai rubiknya enak dipakai.

Gimana? Mudah kan, dengan ini kalian sudah bisa menikmati performa rubik yang baru kalian beli.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->