BLD Kok Ngintip? Bahas Singkat Legenda Blindfold Matyas Kuti

Mungkin untuk cuber zaman sekarang nama Matyas Kuti sangatlah asing didengar, namun beda halnya dengan cuber era 2008. Nama Matyas Kuti sangatlah fenomenal karena menuai karena prestasi yang gemilang. Matyas Kuti adalah seorang pemuda asal Hungaria yang terpaksa tersisih dari dunia speedcubing.

Legenda Blindfold asal Hungaria yang sempat menuai kontroversi dalam dunia cubing

Matyas merupakan cuber yang sangat cepat di kala itu, dia juga ahli di berbagai macam event. Dia juga sempat memegang rekor dunia 3x3x3, 4x4x4 dan 5x5x5 Blindfolded sebelum akhirnya semua rekornya dihapus secara resmi karena kejadian yang cukup kontroversial.

Seluruh event blindfold tidak dianggap lagi resultnya bahkan rekor dunia yang tercatat dianggap DNF
Jika kalian berkunjung ke profile akun WCA dari Matyas maka kalian mungkin akan dibingungkan dengan hasil kompetisi yang hasilnya hanyalah DNF untuk event BLD. Padahal banyak sekali kompetisi yang sudah dia ikuti.

Singkatnya setelah dua minggu usai kompetisi resmi Belgian Open 2008, seorang yang mengaku Milan Baticz membuat sebuah thread yang mengejutkan pada forum speedsolving. Thread yang cukup panjang tersebut berisikan tentang kecurangan Matyas Kuti saat berkompetisi.


Dalam thread tersebut secara jelas dan spesifik Milan menyebut Matyas melakukan kecurangan dan dilengkapi bukti yang dia paparkan dalam thread tersebut. Salah satunya ketika secara jelas, Matyas berhenti Mendadak sesaat setelah ada petugas yang menutup rubiknya dengan selembar kertas.


Dalam kesempatan lain, Milan yang mencurigai kecurangan ini melakukan hal yang serupa pada event multi blindfold dimana Matyas mencoba menyelesaikan ke 10 rubik berurutan. Dan ketika Milan menaruh kertas pada salah satu rubik yang sedang dicoba diselesaikan oleh Matyas, rubik itu menjadi satu satunya rubik yang tidak Selesai (DNF), dengan tingkat kesalahan yang sangat parah untuk sebuah DNF. Hal ini semakin memperkuat dugaan bahwa Matyas sering melakukan kecurangan

Akhirnya pihak WCA memutuskan untuk memberikan hukuman kepada Matyas Kuti dengan dilarangnya Matyas untuk mengikuti kompetisi resmi WCA selama dua tahun. Hal tersebut tentunya tidak sepenuhnya bisa diterima dengan lapang dada oleh beberapa cuber lain waktu itu.

Bahkan ada beberapa cuber yang sempat meledek Matyas, namun juga ada beberapa cuber yang respect. Milan Baticz sendiri adalah seorang speedcuber dari Hungaria, dia juga merupakan teman dekat Matyas.


Sebenarnya Matyas bukanlah seorang cuber yang hanya bisa melakukan kecurangan, di sisi lain Matyas juga seorang yang berbakat dalam event lainnya. Matyas juga sebenarnya mampu menyelesaikan rubik dengan mata tertutup, hanya saja dia terlena akan kecurangan yang dia lakukan.

Tidak ada yang mengetahui kabar Matyas Kuti di dunia cubing saat ini, sebenarnya hukumannya sudah lama tidak berlaku. Saya sendiri sempat berharap dia kembali ke dunia cubing, namun sepertinya Matyas sudah memutuskan untuk meninggalkan dunia yang pernah membesarkan namanya itu.

* * *   

instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

0 Komentar