Inilah Nilai Hadiah yang Diperoleh oleh Juara Lomba Rubik's Cube

juara jakarta mini open 2020 mendapatkan hadiah

Pernahkah kamu bertanya-tanya: berapakah yang didapatkan oleh seorang pemenang lomba speedcubing? Apakah hadiah yang diterima berupa uang ataukah rubik dan merchandise?

Untuk menjawab pertanyaan itu, maka tulisan ini saya buat. Semoga bisa sebagai penyemangatmu untuk berpartisipasi di lebih banyak kompetisi.

Berapa nilai hadiah yang diperoleh oleh juara lomba rubik?

Sebelumnya, mari kita jawab terlebih dahulu "bagaimana seseorang dapat memenangkan suatu perlombaan rubik?".


Secara umum alurnya seperti di bawah ini.
  1. Seseorang membayar biaya untuk dapat mendaftar di suatu kompetisi speedcubing.
  2. Ia bersama belasan, puluhan, atau bahkan ribuan peserta di kompetisi tersebut mengikuti babak kualifikasi.
  3. Apabila catatan waktunya di atas rata-rata peserta lainnya, peserta tersebut bisa melanjutkan ke babak berikutnya dan seterusnya hingga final.
  4. Apabila catatan waktunya di atas semua peserta di babak final, peserta tersebut layak dianugerahi sebagai juara.
Catatan: podium di kompetisi resmi WCA hanya untuk peringkat pertama (medali emas), kedua (medali perak), dan ketiga (medali perunggu). Juara per cabang kompetisi dan juara umum dapat dibedakan tergantung kebijakan panitia.

Jenis-jenis kompetisi rubik dan nilai hadiahnya

Nilai atau jumlah hadiah yang diperoleh oleh juara perlombaan dibedakan berdasarkan skala kompetisi dan jenis kompetisinya itu sendiri. Apakah lombanya resmi (official) atau tidak resmi (unofficial)? Apakah berskala lokal, nasional, antarbenua, atau dunia?

Feliks Zemdegs and his fans at World Rubik's Cube Championship 2019

1. Kompetisi regional

Jangan buru-buru kecewa ya, sebab kemungkinan besar tidak akan mendapatkan hadiah uang tunai di kompetisi ini. Kabar baiknya, masih ada hadiah dalam bentuk lain yang nilainya sama atau bahkan lebih mahal.

Sebagai orang yang berpengalaman mengadakan lomba speedcubing, saya selalu mengusahakan ketersediaan hadiah uang tunai. Minimal untuk satu orang juara umum atau peraih medali terbanyak.

Contoh: total hadiah uang tunai Yongjun Jakarta Speedcubing 2019 adalah Rp3.000.000, itu belum termasuk hadiah dari sponsor yang nilainya lebih dari Rp8.000.000.

Kompetisi ini bukan setingkat nasional, tetapi kuota peserta mencapai 120 orang.

2. Kompetisi tingkat nasional

Di setiap kompetisi nasional biasanya disediakan hadiah berupa medali, piala, rubik, serta merchandise. Namun, tidak selalu ada hadiah uang tunai.

Contohnya: di Indonesia Championship 2019, panitia hanya menyediakan hadiah berupa medali, pernak-pernik, dan cube dari sponsor.

3. Kompetisi tingkat benua

Perlombaan tingkat benua biasanya punya skema pembagian hadiah yang beragam, tergantung dari tuan rumah dan benua yang mengadakan. Hadiah Asian Championship biasanya lebih sedikit daripada Euro. Sementara North America Championship selalu unggul karena jumlah peserta lebih banyak dan biaya pendaftaran relatih lebih mahal.

4. Kompetisi tingkat dunia

Kejuaraan dunia WCA World Championship 2019 diselenggarakan di Melbourne, Australia memiliki skema pembagian hadiah sebagai berikut.
  • Semua cabang perlombaan kecuali kubus 3x3: $400 untuk juara pertama, $250 untuk jara kedua, $150 untuk juara ketiga
  • Podium kubus 3x3: $1,200 untuk juara pertama, $750 untuk juara ke-2, $500 untuk juara ke-3
  • Rubik's Nations Cup atau cabang sampingan antarnegara: $500 untuk setiap anggota tim juara 1; $200 untuk setiap anggota tim juara 2

Catatan: hadiah uang tunai dalam dolar Australia (AUD), bukan dolar Amerika Serikat (USD)


Mari kita berhitung!

Max Park memenangkan podium utama 4x4, 5x5, 6x6, and 7x7 di Kejuaraan Dunia 2019. Ia bersama tim Amerika Serikat menjadi runner-up cabang lomba nations cup.

Jumlah hadiah yang Max Park bawa pulang sebesar:
$400*4 + $200 = $1.800 AUD (sekitar 18 juta rupiah dalam nilai tukar pada tahun 2019)

Jumlah nilai hadiah di atas belum termasuk hadiah dari sponsor pribadi karena Max berhasil memecahkan dua rekor dunia yaitu single dan average kubus 7x7x7.

Posting Komentar

0 Komentar